Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kucing Suka Mendengarkan Musik? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 09/03/2022, 22:10 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Dodo

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain anjing, hewan peliharaan yang memiliki indera pendengaran cukup tajam adalah kucing. Kucing dapat mengetahui suara yang terdengar dari jarak yang jauh. 

Tak heran, jika kucing mendadak menghampiri kamu saat sedang menyetel lagu dengan volume kecil.

Baca juga: 5 Tanda Kucing Peliharaan Memiliki Kutu dan Cara Mengatasinya

Dikutip dari The Dodo, Rabu (9/3/2022), Amy Pike, dokter hewan dari Animal Behavior Wellness Center, dan Chyrle Bonk, dokter hewan dari Doggie Designer, mengungkapkan kucing dapat mendengar musik yang disetel dengan volume rendah. 

Pike mengatakan pendengaran kucing cenderung lebih baik dibanding manusia. Kucing dapat mendengar hingga 64 ribu hertz, sementara manusia hanya 20 ribu hertz.

Meski demikian, tidak semua kucing akan turut mendengarkan musik. Lantas, apakah kucing peliharaan suka mendengarkan musik atau tidak?

Baca juga: Jangan Mencabut Cakar Kucing, Ini Risiko yang Mengancam

Kucing suka mendengarkan musik

Ilustrasi kucing melihat dalam kondisi gelap. PIXABAY/TASUKARAN Ilustrasi kucing melihat dalam kondisi gelap.

Pike menerangkan kucing tidak hanya mendengarkan musik, tapi juga menyukainya. Bahkan, ada beberapa cara mengetahui kucing menyukai musik yang Anda setel. 

“Mereka tidak akan lari keluar ruangan saat musik disetel. Musik tidak membuat mereka gelisah dan mereka akan santai dan nyaman,” ujar Pike.

Sebuah penelitian tentang kucing dan musik pada 2015 yang dimuat dalam Applied Animal Behaviour Science bertajuk "Cats Prefer Species-appropriate Music mengungkapkan, kucing cenderung menyukai musik yang memiliki suara mirip dengan yang mereka gunakan saat berkomunikasi seperti frekuensi kicauan atau ritme dengkuran.

Baca juga: Ini Alasan Perlu Mengganti Kotak Pasir Kucing dan Sendoknya

"Musik tertentu mungkin menenangkan,” imbuh Pike.

Penelitian pada 2019 dalam Journal of Feline Medicine and Surgery bertajuk "Effects of Music on Behavior and Physiological Stress Response of Domestic Cats In a Veterinary Clinic" menemukan, kucing yang mendengarkan musik khusus kucing menunjukkan adanya penurunan tingkat stres

Artinya, kamu dapat membantu kucing merasa tenang dan menurunkan tingkat stresnya dengan memainkan musik tertentu sepanjang perjalanan menuju dokter hewan.

“Mencari musik khusus spesies daripada musik manusia mungkin hal terbaik jika ingin menghibur atau menyenangkan kucing saat kamu pergi,” tutur Bonk.

Baca juga: 5 Alasan Kucing Menutupi Wajahnya Saat Tidur

Kucing suka genre musik apa?

Ilustrasi kucing - Ilustrasi kucing yang merasa cemas.SHUTTERSTOCK / Yaya Photos Ilustrasi kucing - Ilustrasi kucing yang merasa cemas.

Menurut Pike, tidak ada satu genre spesifik yang disukai kucing. Ada beberapa kucing yang lebih menyukai sebuah genre dibanding genre lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com