Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Perlu Mengganti Kotak Pasir Kucing dan Sendoknya

Kompas.com - 08/03/2022, 16:10 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kucing peliharaan tak hanya memberikan makan dan tempat tinggal, tapi juga menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan sahabat bulu, salah satunya kotak pasir kucing.

Menyediakan kotak pasir kucing yang bersih dan sesuai kebutuhan dapat membuat kucing nyaman serta menjaga rumah tetap bersih dan bebas bau. Untuk itu, kotak pasir kucing dan sendoknya harus dibersihkan dan diganti secara berkala. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Bulu Kucing Kusut

Dilansir dari Cuteness, Selasa (8/3/2022), mengganti kotak pasir kucing dan sendoknya tergantung pada jumlah kucing yang dimiliki di rumah.

Kotak pasir kucing beserta sendoknya harus diganti setidaknya sekali setahun, bahkan lebih sering bila memiliki banyak kucing.  

Selain itu, jenis kotak pasir kucing, berapa banyak kotak pasir yang dibutuhkan, hingga jenis pasir yang digunakan juga menjadi hal yang harus diperhatikan saat hendak mengganti kotak pasir kucing serta sendoknya. 

Sayangnya, hal ini sering diabaikan pemilik kucing peliharaan sehingga kotak pasir kucing terus digunakan sampai bertahun-tahun.

"Kotak pasir dan sendok harus diganti setidaknya setahun sekali," kata Debra Primovic, dokter hewan dari Pet Place. 

Baca juga: Mengobati Kucing Jamuran dengan Asam Jawa dan Daun Sirih, Bolehkah?

Mengapa harus mengganti kotak dan sendok pasir kucing?

Ilustrasi kucing - Seekor kucing yang sedang berada di dalam litter box atau kotak pasir kucing. SHUTTERSTOCK / Andrey Khusnutdinov Ilustrasi kucing - Seekor kucing yang sedang berada di dalam litter box atau kotak pasir kucing.
Seiring waktu, kotak pasir kucing berbahan plastik akan rusak. Hal ini bisa disebabkan cakaran kucing dan tindakan menyendoki.

Akibatnya, kotak pasir kucing menjadi kasar, berlubang, dan menghasilkan retakan yang menampung bakteri. Kondisi ini dapat membuat urine kucing meresap sehingga membuat kotak pasir menjadi bau.

Hal ini juga bisa membuat kucing peliharaan enggan menggunakan kotak pasir dan membuang air serta kotoran sembarangan. 

Baca juga: Kucing Berjalan Pincang? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Animal Planet mengatakan salah satu alasan penting kucing menolak menggunakan kotak pasir adalah bau tidak sedap.  

Selain itu, saat kotak pasir kucing plastik berinteraksi dengan asam dalam urine kucing, hal itu bisa menyebabkan perubahan kimia yang dapat mengiritasi kaki dan hidung kucing.

Degradasi plastik dapat membuat kotak pasir bocor dengan urine yang merembes ke karpet atau lantai keropos dan buruknya membuat kotak pasir berantakan. 

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Berkelahi di Rumah

Untuk itu, jadwalkan penggantian kotak pasir kucing bertepatan dengan hari ulang tahun kucing peliharaan.

Saat bersamaan, buang sendok pasir lama. Saat sendok plastik menjadi kasar, pasir bersih berhenti mengalir melalui bagian alat yang terbuka ketika kotoran diambil. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com