Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apakah Kucing Suka Mendengarkan Musik? Simak Penjelasannya

Tak heran, jika kucing mendadak menghampiri kamu saat sedang menyetel lagu dengan volume kecil.

Dikutip dari The Dodo, Rabu (9/3/2022), Amy Pike, dokter hewan dari Animal Behavior Wellness Center, dan Chyrle Bonk, dokter hewan dari Doggie Designer, mengungkapkan kucing dapat mendengar musik yang disetel dengan volume rendah. 

Pike mengatakan pendengaran kucing cenderung lebih baik dibanding manusia. Kucing dapat mendengar hingga 64 ribu hertz, sementara manusia hanya 20 ribu hertz.

Meski demikian, tidak semua kucing akan turut mendengarkan musik. Lantas, apakah kucing peliharaan suka mendengarkan musik atau tidak?

Pike menerangkan kucing tidak hanya mendengarkan musik, tapi juga menyukainya. Bahkan, ada beberapa cara mengetahui kucing menyukai musik yang Anda setel. 

“Mereka tidak akan lari keluar ruangan saat musik disetel. Musik tidak membuat mereka gelisah dan mereka akan santai dan nyaman,” ujar Pike.

Sebuah penelitian tentang kucing dan musik pada 2015 yang dimuat dalam Applied Animal Behaviour Science bertajuk "Cats Prefer Species-appropriate Music mengungkapkan, kucing cenderung menyukai musik yang memiliki suara mirip dengan yang mereka gunakan saat berkomunikasi seperti frekuensi kicauan atau ritme dengkuran.

"Musik tertentu mungkin menenangkan,” imbuh Pike.

Penelitian pada 2019 dalam Journal of Feline Medicine and Surgery bertajuk "Effects of Music on Behavior and Physiological Stress Response of Domestic Cats In a Veterinary Clinic" menemukan, kucing yang mendengarkan musik khusus kucing menunjukkan adanya penurunan tingkat stres. 

Artinya, kamu dapat membantu kucing merasa tenang dan menurunkan tingkat stresnya dengan memainkan musik tertentu sepanjang perjalanan menuju dokter hewan.

“Mencari musik khusus spesies daripada musik manusia mungkin hal terbaik jika ingin menghibur atau menyenangkan kucing saat kamu pergi,” tutur Bonk.

Menurut Pike, tidak ada satu genre spesifik yang disukai kucing. Ada beberapa kucing yang lebih menyukai sebuah genre dibanding genre lainnya.

“Sama dengan manusia, akan ada perbedaan, tergantung dari kucingnya. Beberapa mungkin menyukai genre musik klasikal, beberapa mungkin suka country,” ucap Pike.

Namun secara umum, kebanyakan kucing lebih menyukai musik khusus spesies dan musik khusus kucing jika dibanding musik klasik atau country.

Mungkin sulit menentukan genre musik yang disukai kucing peliharaan, tetapi pasti ada jenis suara tertentu yang memberi energi pada mereka dan jenis musik lain yang akan menenangkannya.

“Sepertinya kucing lebih menyukai musik yang mirip dengan dengkuran jika mereka ingin menenangkan diri atau kicauan burung jika ingin stimulasi,” imbuh Pike. 

Musik yang menenangkan untuk kucing

Sebenarnya, ada musik yang menenangkan dan dirancang khusus untuk kucing. Ini dapat membantu kucing mengatasi kecemasan akan perpisahan atau stres saat berada di dalam mobil.

“Through A Cat’s Ear adalah musik klasik yang diubah secara bioakustik yang dapat membantu menenangkan dan membuat kucing rileks,” papar Pike.

Kesimpulannya, musik dapat membantu menenangkan kucing. Namun, musik yang paling disukai kucing mungkin tidak terdengar seperti musik yang sering kamu dengar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/09/221000676/apakah-kucing-suka-mendengarkan-musik-simak-penjelasannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke