Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menjaga Sofa Berwarna Cerah Bebas Noda dan Tetap Bagus

Kompas.com - 07/02/2022, 16:13 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com -  Sofa berwarna terang adalah tambahan yang indah untuk estetika interior apa pun. Ini juga merupakan pilihan bagus jika Anda ingin mencerahkan ruangan dengan nada netral yang tenang.

Namun, berinvestasi dalam furnitur berwarna terang bisa menjadi hal menakutkan, terlebih bila tidak tahu cara merawatnya dengan tepat. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Sofa Bed

Untuk itu, menjaga kebersihan sofa menjadi hal yang harus dilakukan agar sofa terhindar dari noda dan kotoran.

Dilansir dari Livspace, Senin (7/2/2022) berikut cara menjaga sofa berwarna cerah bebas noda dan tetap bagus. 

Baca juga: Bikin Rusak, 4 Hal Ini Perlu Dihindari dari Sofa Kulit 

Cegah noda terjatuh 

Ilustrasi sofaShutterstock/pozitivo Ilustrasi sofa
Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, terutama jika sofa berwarna terang. Untuk menghindari biaya pembersihan profesional yang mahal, cobalah tidak makan atau minum di sekitar sofa.

Cara terbaik mempertahankan sofa warna terang adalah menghindari apa pun yang berpotensi menodainya, termasuk makanan, makeup, dan cat kuku. Karena itu, hindari mengaplikasikan makeup dan makan di sofa. 

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Sarung Sofa agar Bersih Seperti Baru

Menyedot debu untuk membantu membersihkan sofa kain 

Bersihkan sofa dan lingkungan dengan menyedot debu sesering mungkin untuk mencegah kotoran dan debu mengendap di atasnya.

Jika tidak memiliki vacuum cleaner, Anda dapat memilih menyikat set sofa dengan sikat kering guna membantu mencegah alergen menempel pada permukaan furnitur.  

Baca juga: Simak, 7 Cara Memilih Bantal Sofa yang Tepat

Gunakan baking soda untuk mempertahankan warna sofa

Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi baking soda sebagai salah satu bahan pembersih alami di rumah.
Apakah rumah memiliki hewan peliharaan atau memiliki tingkat kelembapan udara yang tinggi? Hal ini dapat membuat bau menempel pada sofa warna terang dengan lebih cepat.

Untungnya, ada cara mudah mempertahankan sofa warna terang, bahkan dalam kondisi seperti ini.

Caranya, taburkan sedikit baking soda atau soda kue pada sofa untuk menghilangkan bau yang tak kunjung hilang. Setelah itu, bersihkan sofa secara perlahan untuk menghilangkan sisa-sisa bedak.

Bahkan Anda dapat menggunakan campuran baking soda dan air untuk menghilangkan noda yang masih ada. Namun, sebelum melakukannya metode ini, lakukan pengujian pada area kecil sofa. 

Baca juga: Feng Shui Larang Penempatan Cermin di Belakang Sofa, Mengapa? 

Lapisi dengan sarung sofa

Cara mudah mencegah sofa berwarna terang menjadi kotor adalah menutupinya dengan sarung sofa. Sarung sofa adalah investasi bagus yang bisa membantu mempertahankan warna sofa dan membuatnya bebas debu.  

Jauhkan sofa dari sinar matahari  

Ilustrasi sofaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi sofa
Sinar matahari dapat membuat warna sofa memudar. Semakin lama satu sisi sofa terkena sinar matahari, semakin kusam.

Untuk itu, jauhkan sofa dari sinar matahri dengan memidahkannya ke area atau ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Baca juga: Kucing Hobi Mencakar Sofa? Ini 5 Cara Menghentikannya 

Tidak duduk di satu tempat dalam waktu lama

Cobalah untuk tidak duduk di satu tempat pada sofa sepanjang waktu. Cobalah duduk berpindah-pindah agar busa sofa tidak cepat melorot serta menarik lebih banyak kotoran daripada yang lain.

Gosok bantalan sofa sesering mungkin karena sofa berwarna terang menunjukkan lipatan dan lekukan lebih dibanding sofa gelap. Ini adalah cara sederhana, tapi efektif untuk mempertahankan kualitas sofa berwarna terang. 

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Cokelat, Hangat dan Nyaman 

Bertindak cepat

Jika menumpahkan sesuatu di sofa, segera ambil tindakan. Seka sofa menggunakan kain putih, air panas, dan sabun cair yang lembut. 

Hindari menggunakan kain berwarna demi mencegah kelunturan warna menempel pada sofa. Untuk noda membandel, ganti air panas menggunakan larutan cuka dan baking soda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com