Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gampang, Ini Cara Mendekorasi Rumah Minimalis

Kompas.com - 27/01/2022, 16:37 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski mengusung kesederhanaan, rumah bergaya minimalis tetap bisa didekorasi sesuai dengan konsep yang diterapkan.

Selain itu, kamu juga tidak perlu terpaku pada warna hitam dan putih lantaran rumah minimalis dapat dihias dengan beragam warna terang. 

Melansir dari Roohome, Kamis (27/1/2022), berikut cara mendekorasi rumah minimalis. 

Baca juga: 3 Tips Menerapkan Gaya Warm Minimalis di Rumah

Tata letak furnitur 

Salah satu cara paling sederhana memilih cat tembok rumah adalah mulai dengan perabotan dan aksesori di rumah.SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Salah satu cara paling sederhana memilih cat tembok rumah adalah mulai dengan perabotan dan aksesori di rumah.
Sebelum membeli barang-barang, pikirkan tatak letak furnitur di rumah karena ada kemungkinan ruangan tidak dapat memuat semua barang yang hendak dibeli.

Selanjutnya, pikirkan seberapa banyak ruang di antara furnitur dan area yang dibiarkan terbuka untuk memudahkan penghuninya lalu-lalang.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan saat Mendesain Rumah Gaya Minimalis 

Tentukan palet warna

Tahap ini adalah paling penting untuk mendekorasi rumah minimalis. Pilih warna yang tidak mencolok seperti warna netral.

Akan tetapi, warna kesukaanmu dengan versi yang lebih terang juga bisa dipilih. Padupadankan dengan aksen halus guna menciptakan tampilan yang kohesif pada salah satu ruangan.

Jika menyukai biru, pilih biru muda untuk kamar tidur, kemudian padukan dengan putih dan abu-abu muda untuk tampilan elegan dan tidak kekanak-kanakkan.

Triknya adalah memilih warna cukup terang, tapi juga cukup gelap agar ruangan tidak terlihat pudar. 

Baca juga: 5 Tips Ciptakan Teras Rumah Minimalis Bernuansa Zen

Perhatikan pencahayaan

Ilustrasi ruang tamu minimalisUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang tamu minimalis
Pencahayaan memiliki dampak besar pada tampilan suatu ruangan. Memilih pencahayaan yang tepat juga penting untuk rumah minimalis. 

Jika ingin menggunakan palet warna yang berani, hindari penggunaan lampu plafon. Pilih lampu meja karena memberi pencahayaan yang lembut tanpa mengganggu suasana ruangan.

Baca juga: 3 Tips Mendekorasi Rumah dengan Gaya Minimalis Jepang

Hadirkan aksen dekoratif

Untuk mempertahankan estetika minimalis, gunakan aksen dekoratif yang tidak berlebihan. Ini juga dapat membantu menjaga rumah tidak terlihat sempit.

Pilih karya seni yang unik dan berbeda dari yang lainnya atau barang yang memiliki makna pribadi. Ini cara tepat untuk menambahkan sentuhan kepribadian ke ruangan dengan tidak berlebihan.

Selanjutnya, jangan terlalu fokus pada elemen dekoratif. Pilih barang-barang yang serbaguna seperti meja kopi dengan ruang penyimpanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com