Kompas.com - 27/01/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Sayuran merupakan jenis tanaman yang menarik untuk dibudidayakan di rumah.

Selain menghijaukan area kebun, menanam sayuran juga memberikanmu stok makanan sehat dan segar setiap saat.

Meskipun mudah dan fleksibel, sebaiknya lakukan persiapan matang dan perawatan maksimal sebelum membuat kebun sayur di rumah.

Jika hal ini tidak di pertimbangkan sebelumnya alih-alih menikmati sayuran, justru kamu akan mengalami kegagalan saat panen.

Melansir dari Grow Veg, Kamis (27/1/2022), berikut ini adalah 7 hal yang harus kamu perhatikan sebelum membuat kebun sayur.

Baca juga: Cara Membersihkan Balkon Rumah yang Digunakan untuk Berkebun

Tanam tanaman di tempat yang tepat

Jika kamu ingin membuat kebun sayur, hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah sumber cahaya. Agar sayur tumbuh subur, pilih lah area yang terkena sinar matahari langsung.

Ini dikarenakan sebagian besar sayur sangat menyukai cahaya matahari. Perhatikan juga jenis tanaman dan kebutuhan cahayanya, contohnya saja seperti bayam dan kubis yang lebih menyukai tempat teduh dengan naungan.

Baca juga: 8 Kesalahan Berkebun yang Dapat Membunuh Tanaman

Kenyamanan adalah kunci

Ilustrasi berkebun di lahan terbatas dengan sistem vertikultur. SHUTTERSTOCK/PASCALIS PW Ilustrasi berkebun di lahan terbatas dengan sistem vertikultur.

Agar sayur berhasil panen, kamu harus konsisten dalam merawatnya. Seringkali kita malas untuk merawat kebun sayur karena akses yang sulit atau terlalu jauh dari rumah dan sumber air.

Untuk itu sebaiknya buatlah dirimu nyaman di kebun, dengan menanamnya di dekat sumber air ataupun dengan menampung air hujan. Akses yang mudah akan membuatmu nyaman dalam merawat kebun.

Baca juga: 6 Cara Memanfaatkan Cuka Apel untuk Berkebun

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.