Kompas.com - 18/01/2022, 13:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun adalah hobi yang memberikan berbagai manfaat. Selain menumbuhkan tanaman hijau, berkebun juga memberikan udara segar, mempercantik taman, mengurangi stres, mengusir rasa bosan, hingga bisa dikonsumsi sebagai sayuran

Namun, ketika berkebun, tak sedikit orang melakukan kesalahan meski sudah berpengalaman sekali pun. Kesalahan ini tak hanya merugikan Anda, tapi sering kali membunuh tanaman. 

Baca juga: 5 Kesalahan Berkebun yang Sering Dilakukan Tanpa Disadari  

Demi menghindarinya, penting mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut. Melansir dari Bobvila, Selasa (18/1/2022), berikut delapan kesalahan berkebun yang membunuh tanaman dan cara menghindarinya pada masa depan.

Tidak memperhatikan situasi teduh

Ilustrasi menanam tanaman herbal. PIXABAY/JILL WELLINGTON Ilustrasi menanam tanaman herbal.
Perhatikan cara matahari jatuh di kebn Anda sepanjang hari dan pastikan menanam varietas tanaman yang menyukai cahaya di jalur sinar matahari langsung.

Namun, tanam juga tanaman yang menyukai naungan atau tempat yang lebih gelap. Kesalahan penempatan ini bisa membuat tanaman tidak tumbuh dengan baik, bahkan mati. 

Baca juga: 4 Cara Alami Membersihkan Daun Tanaman Hias

Menanam tanaman agresif

Tanaman invasif adalah varietas yang tumbuh dengan cepat dan menyebar dengan cepat. Tanaman ini juga dengan mudah mengambil alih kebun dan halaman Anda dalam prosesnya.

Sementara beberapa tanaman agresif ini — seperti tanaman ivy — dapat menciptakan kekacauan serta menjadi pengganggu yang sulit disingkirkan.

Karena itu, selalu teliti kebiasaan tumbuh tanaman sebelum memasukkannya ke kebun. Jauhkan tanaman agresif dari tanaman lain untuk pertumbuhan yang baik. 

Baca juga: 4 Tanaman Dalam Ruangan yang Bakal Populer pada 2022 

Tanah tanaman buruk 

Ilustrasi repotting tanaman hias. FREEPIK/SENIVPETRO Ilustrasi repotting tanaman hias.
Kondisi tanah tanaman yang buruk adalah kesalahan berkebun yang sering dilakukan. Setiap tukang kebun yang rajin akan memberi tahu Anda bahwa kesehatan tanah yang tepat adalah kunci kesuksesan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.