Kompas.com - 18/01/2022, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semprotan alkohol terkadang direkomendasikan sebagai insektisida, terutama untuk membasmi kutu putih, yang terbukti resisten terhadap pengobatan lain pada tanaman.

Kontak dengan alkohol juga membunuh banyak serangga lain, termasuk kutu sisik, tungau laba-laba, dan sebagainya. 

Perlakuan alkohol paling sering digunakan pada tanaman indoor dengan kutu putih karena hama tersebut memiliki banyak predator alami yang dapat mengendalikannya di luar ruangan.

 

Baca juga: Cara Membuat Sabun Insektisida untuk Mencegah Hama Tanaman

 

Ilustrasi hama tungau laba-laba. PIXABAY/ERIK_KARITS Ilustrasi hama tungau laba-laba.

Namun, sayangnya, dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (18/1/2022) hal itu bisa membakar atau mendinginkan daun tanaman yang sensitif.

Jadi lakukan tindakan pencegahan agar alkohol tidak membunuh tanaman yang Anda gunakan untuk membunuh hama serangga. 

Berikut cara menggunakan alkohol yang aman untuk tanaman agar tidak berefek buruk. 

Menggunakan alkohol

Alkohol gosok adalah jenis alkohol yang paling sering direkomendasikan sebagai insektisida, dan biasanya dijual sebagai campuran 70 persen isopropil alkohol dan 30 persen air.

 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat Insektisida untuk Tanaman Herbal

Infestasi kutu putih kecil pada tanaman dapat dikendalikan dengan mencelupkan kapas langsung ke dalam botol alkohol dan mengoleskan kutu putih, yang terlihat seperti potongan kapas atau gumpalan telur dengan kapas itu.

Alkohol harus melarutkan lapisan pelindung kutu putih dan telur serta membunuh kutu dan telur. Perlakuan selektif seperti itu lebih kecil kemungkinannya untuk merusak tanaman daripada melakukan semprotan yang akan merusak daun tanaman. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.