Kompas.com - 27/01/2022, 12:51 WIB
Ilustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIOIlustrasi kamar tidur dengan nuansa warna merah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur nyenyak tentu merupakan hal yang diinginkan setiap malam untuk mengisi kembali energi dan menyegarkan tubuh. Namun, bagaimana bisa mewujudkan tidur nyenyak?

Apakah perlu mengganti kasur atau mematikan perangkat elektronik untuk membantu tidur? Ternyata, warna cat dinding kamar tidur punya mampu memengaruhi kualitas tidur Anda.

Dilansir dari Better Homes & Gardens Australia, Kamis (27/1/2022), menurut psikolog, warna cat dinding yang Anda pilih untuk dinding kamar tidur dapat secara signifikan memengaruhi pola tidur Anda.

Baca juga: Pemilihan Warna Cat Kamar Tidur Berdasarkan Lima Elemen Feng Shui

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Spacejoy Ilustrasi kamar tidur

Meskipun feng shui mungkin mengarahkan Anda untuk memilih warna merah untuk mewujudkan energi, ini adalah satu-satunya warna yang telah dikesampingkan oleh psikolog untuk dihindari dan dijaga seminimal mungkin.

Psikolog warna dan desainer holistik Suzy Chiazzari menjelaskan, warna hangat seperti merah, oranye, dan warna panas lainnya dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan detak jantung dan pergerakan otot.

Sementaea itu, psikolog warna Lee Chambers mengatakan, warna merah tua benar-benar dapat membuat kita tetap waspada dan dapat membuat kita merasa tidak tenang, ketimbang merasa damai dan tenang.

Warna apa yang mungkin menjadi pilihan terbaik untuk dipilih?

Jawabannya adalah ungu. Sebuah studi baru-baru ini mensurvei pola tidur 1.000 warga Amerika Serikat untuk mengungkapkan bahwa hanya 12 perseb responden dengan dinding ungu mengaku memiliki tidur malam yang buruk.

Baca juga: Berikan Sentuhan Modern Ruang Tamu dengan Tren Warna Cat 2022 Ini

Dari berbagai warna ungu, pakar tidur dan penulis Christine Lapp merekomendasikan agar Anda mencari warna yang lebih biru daripada warna yang lebih merah muda.

"Ungu dikenal mewakili perdamaian. Oleh karena itu, warna ini memberikan rasa ketenangan dan memungkinkan tubuh untuk melepas lelah dan beristirahat dengan lebih mudah," kata Lapp.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.