Kompas.com - 27/01/2022, 14:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Telinga adalah salah satu panca indera penting yang dimiliki hewan, termask kucing. Tanpa telinga atau telinga yang bermasalahan segala aktivitas yang dilakukan kucing akan sulit atau terganggu, bahkan tidak berjalan sama sekali.

Umumnya, baik hewan maupun manusia, memiliki dua telinga yang berada masing-masing di sebelah kiri dan kanan. Namun, bagaiman bila memiliki lebih dari dua telinga? Apakah ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan? Mengganggu aktivitas? 

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Ketombe pada Bulu Kucing

Seperti dialami oleh Midas, seekor kucing asal Turki yang memiliki empat telinga. Penampilan kucing berwarna abu-abu ini telah mencuri perhatian dunia di jagat maya.

Midas memiliki dua saluran telinga yang normal, tetapi masing-masing memiliki dua penutup telinga yang membuat penampilan terlihat "bertelinga empat".

Kucing Midas asal Turki yang memiliki dua pasang telinga atau bertelinga empat. Tangkapan layar akun Instragram @midas_x24 Kucing Midas asal Turki yang memiliki dua pasang telinga atau bertelinga empat.

Melansir dari Huff Post dan Indian Express, Kamis (27/1/2022), kucing Midas awalnya lahir di halaman belakang sebuah rumah di Ankara, Turki. Midas dilahirkan oleh seekor induk kucing liar yang melahirkan enam anak kucing, salah satunya Midas. 

Baca juga: Jangan Biarkan Terus Mengurung Kucing di Dalam Kandang, Ini Risikonya

Midas merupakan ras kucing Russian Blue dengan bulu berwarna abu-abu. Kucing yang kini berusia enam bulan itu akhirnya diadopsi dan dirawat oleh keluarga pencinta serta penyelamat binatang, Canis Dosemeci.

Canis khawatir kucing Midas akan terlantar di jalanan dan tak ada orang yang ingin memeliharanya lantaran takut melihat penampilannya yang bertelinga empat. 

"Kami tidak pernah berpikir untuk membeli kucing, kami hanya ingin menyelamatkan kucing dari jalanan dan kami ingin mengadopsinya,” kata Canis. 

Baca juga: Apakah Kucing Bisa Merasa Kedinginan? Ini Penjelasannya

Nama Midas diberikan bukan tanpa alasan. Canis dan keluarganya memilih nama Midas mengacu pada raja dari mitologi Yunani yang dikatakan dapat mengubah semua yang disentuhnya menjadi emas.

Menurut mitos, Midas akhirnya menyinggung Dewa Apollo, yang menghukum raja dengan memberinya telinga keledai. Kutukan telinga keledai tersebut dianggap sebagai rasa malu yang besar bagi Midas.

Baca juga: Bukan Lapar, Ini Makna Berbagai Jenis Suara Kucing

Kucing Midas asal Turki yang memiliki dua pasang telinga atau bertelinga empat. Tangkapan layar akun Instragram @midas_x24 Kucing Midas asal Turki yang memiliki dua pasang telinga atau bertelinga empat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.