Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 4 Cara Ini untuk Mencegah Saluran Air Tersumbat

Kompas.com - 18/01/2022, 19:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyumbatan saluran air adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan di rumah. Tetapi untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyumbatan bahkan sebelum menjadi masalah.

Faktanya, dilansir dari Hunker, Selasa (18/1/2022) sebagian besar langkah pencegahan saluran air tersumbat yang dapat Anda lakukan cenderung mudah dan murah, antara lain berikut ini. 

1. Perhatikan sampah dan kotoran

Penampungan sampah pada saluran air wastafel dapur memang bagus, tetapi tidak dimaksudkan untuk menangani tumpukan sampah yang besar. 

Baca juga: 5 Produk Perawatan Diri yang Bikin Saluran Air Kamar Mandi Mampet

Ilustrasi saluran air. PIXABAY/SEMEVENT Ilustrasi saluran air.

Penampungan ini dibuat untuk menangani sejumlah kecil sisa makanan, seperti beberapa daun pertama dari selada segar atau wortel sesekali. 

Akan tetapi, gumpalan besar makanan, seperti semua sisa dari piring makan keluarga, sering kali terbukti terlalu banyak dan akhirnya menyebabkan penumpukan di saluran pembuangan atau saluran  air. 

Beberapa makanan tidak boleh dibuang ke tempat pembuangan sampah sama sekali. Makanan tersebut antara lain bubuk kopi, kulit kentang, kulit pisang, kulit telur, kulit jagung, pasta, dan kulit sayuran.

Saat Anda menggunakan tempat pembuangan sampah, selalu pastikan Anda mengalirkan banyak air dingin ke saluran pembuangan.

Baca juga: 4 Cara agar Saluran Air di Rumah Tidak Mudah Mampat

2. Hindari membuang minyak goreng

Minyak goreng akan mengeras saat dingin, dan itu masalah besar jika itu terjadi di saluran air atau saluran pembuangan wastafel dapur atau bak cuci piring.

Banyak orang berpikir tidak apa-apa menuangkan minyak goreng ke wastafel dapur selama menyiram saluran pembuangan dengan banyak air panas. Tapi ini sebenarnya mitos.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com