Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara agar Saluran Air di Rumah Tidak Mudah Mampat

Kompas.com - 16/12/2021, 07:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Lifehacker

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran air di rumah, baik saluran air kamar mandi maupun saluran air dapur, seringkali mampat karena kotoran, sisa makanan, atau rambut yang menghalangi. Oleh sebab itu, mengetahui cara membuat saluran air mampet kembali lancar adalah hal penting.

Meski demikian, dikutip dari Lifehacker, Kamis (16/12/2021), banyak orang cenderung menganggap saluran air sebagai cara untuk membuang sesuatu, padahal nyatanya malah menciptakan masalah.

Selain pembersihan secara teratur dan tidak membuang sampah atau sisa makanan, ada beberapa cara agar saluran air di rumah tidak mudah mampat. Berikut penjelasannya.

Baca juga: Tips Mengatasi Saluran Pembuangan Air Kamar Mandi yang Berbau

Saluran air di bak pencuci piring rawan tersumbat residu minyak dan makanan.Unsplash/Taylor Wilcox Saluran air di bak pencuci piring rawan tersumbat residu minyak dan makanan.

1. Jangan biarkan penyumbatan

Jika Anda memperhatikan bahwa saluran air di kamar mandi atau dapur membutuhkan waktu lama untuk menyerap semua air hingga habis, maka kemungkinan yang terjadi adalah penyumbatan.

Namun, karena secara teknis Anda masih dapat menggunakannya, Anda dapat memutuskan untuk mengabaikannya dan berharap masalah segera selesai. Akan tetapi, penyumbatan bisa menimbulkan masalah.

Penyumbatan saluran air bisa merusak pipa. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan penyedot atau alat lainnya untuk memecahkan masalah ini. Jika tidak berhasil, ini saatnya memanggil tukang untuk membantu Anda.

2. Jangan membuang minyak ke saluran air

Simpan kaleng bekas atau wadah lain di bawah wastafel dapur. Tuangkan minyak goreng berlebih ke dalamnya sebelum mencuci panci atau wajan, bukan membiarkannya mengalir ke saluran air.

Baca juga: Simak, Ini Cara Memperbaiki Saluran Air yang Tersumbat

3. Jaga agar saluran air tetap bersih

Meskipun mengalirkan air panas tidak akan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh lemak dan minyak yang dituangkan ke saluran air, menuangkan air mendidih ke saluran air seminggu sekali adalah cara yang baik untuk membuang kotoran, dan menjaga pipa tetap bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com