Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Memperbaiki Saluran Air yang Tersumbat

Kompas.com - 11/12/2021, 09:52 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan saluran pembuangan air yang tersumbat bisa menjadi hal yang mengganggu. Namun, hal ini juga tidak bisa dihindari setiap penghuni rumah mana pun.

Akan tetapi, tak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (11/12/2021), berikut cara memperbaiki saluran air yang tersumbat. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur dan Lumut pada Saluran Pembuangan Wastafel

Wastafel kamar mandi

Ilustrasi wastafel kamar mandi. PIXABAY/CRISTINA MANTOVANI Ilustrasi wastafel kamar mandi.
Sumbatan yang terjadi pada wastafel kamar mandi dapat disebabkan berbagai hal seperti rambut dan pasta gigi yang mengeras. Untungnya, sumbatan ini lebih mudah diatasi.

"Salah satu hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah mencampur setengah cangkir baking soda dan setengah cangkir cuka putih," kata George Calabrese, pemilik Plumbing Calabrese yang berbasis di Fairfax, Virginia, Amerika Serikat.

Tuangkan campuran baking soda dan cuka putih ke saluran wastafel kamar mandi, lalu diamkan, dan siram dengan beberapa liter air mendidih.

Namun, Anda perlu mengulang langkah pembersihan ini beberapa kali selama beberapa hari. Bila sumbatan tidak juga berubah dalam jangka waktu lama (setelah berhari-hari), Calabrese menyarankan memanggil seorang profesional. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau pada Saluran Air di Dapur

Drainase lantai

Jika saluran pembuangan air pada drainase lantai bermasalah, Calabrese mengatakan bisa mengeluarkan baking soda dan cuka putih kembali dengan bantuan plunger (alat penyedot WC).

"Menggunakan plunger bisa membantu karena kamu bisa mendapatkan isapan yang bagus pada drainase lantai," jelasnya.

Pilihan lain yang dapat dilakukan adalah melepas penutup drainase lantai dan memasukkan selang air ke dalam saluran pembuangan air.

"Ambil handuk bekas dan bungkus handuk di sekitar selang yang mengeluarkan air sehingga air tidak kembali keluar dari lubang drainase lantai" Calabrese menjelaskan. 

Baca juga: 4 Langkah Membersihkan Saluran Pembuangan Sampah Wastafel Dapur

Wastafel dapur

Ilustrasi wastafel dapurUnsplash/Callum Hill Ilustrasi wastafel dapur
Penyebab terbesar sumbatan saluran pembuangan air pada wastafel dapur adalah minyak dan sisa-sisa makanan. Itulah mengapa penting menyingkirkan remah-remah sisa makan pada piring sebelum mencucinya.

Untuk mengatasi sumbatan saluran pembuangan air pada wastafel dapur, kamu bisa mengikuti langkah yang sama dengan wastafel kamar mandi.

Namun, jika tidak berhasil dan kamu menyadari bahwa saluran pembuangan air tetap tersumbat, Calabrese mengatakan untuk saatnya menghubungi seorang profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com