Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saluran Air Mampet? Atasi dengan 5 Bahan Alami Ini

Kompas.com - 23/02/2021, 19:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkadang, tanpa sadar beberapa saluran air di rumah mengalami penyumbatan.

Penyumbatan ini disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penumpukan kotoran, rambut, dan sisa sabun di kamar mandi. Untuk itu, pembersihan secara berkala harus dilakukan agar tidak banyak kotoran yang menumpuk dan menyebabkan penyumbatan.

Dilansir dari HGTV, Selasa (23/2/2021), ada beberapa bahan alami yang dapat membantu membersihkan berbagai saluran air tersebut. Sebelum melakukan pembersihan, pastikan untuk terlebih dahulu melepas layar atau tutup saluran air.

 

Baca juga: Tanaman di Dalam Rumah Meneteskan Air Terus? Ini Penyebabnya

Berikut beberapa cara membersihkan saluran air dengan menggunakan beberapa bahan alami.

Soda Kue dan Cuka

Untuk membersihkannya, campur setengah cangkir soda kue dan setengah cangkir cuka, kemudian siram ke saluran air lalu diamkan. Setelahnya tuangkan sepanci air mendidih ke saluran pembuangan, dan ulangi jika perlu.

Baking Soda dan Perasan Lemon

Campurkan setengah cangkir soda kue,  setengah cangkir perasan lemon untuk membersihkan saluran yang tersumbat.

Setelah itu, tuang ke saluran pembuangan yang tersumbat dan diamkan selama satu jam. Setelah satu jam, siram dengan sepanci air mendidih.

Jika Anda menangani wastafel dapur yang tersumbat dan lebih menyukai bau lemon daripada cuka, pertimbangkan metode ini daripada metode pertama. Namun, yang harus diketahui, menggunakan perasan lemon lebih mahal daripada menggunakan cuka.

Baca juga: Ketahui Kualitas Air Akuarium untuk Kesehatan Ikan Cupang

Soda Kue dan Garam

Campurkan setengah cangkir garam meja dan setengah cangkir soda kue, dan tuangkan ke saluran pembuangan. Diamkan selama sekitar 30 menit atau semalaman jika tersumbat keras, dan bersihkan dengan sepanci air mendidih.

Soda Kue, Garam, dan Krim Tartar

Tuang setengah cangkir soda kue, setengah cangkir garam dan 2 sendok makan krim tartar ke dalam stoples yang tertutup rapat.

Kemudian tutup toples, dan kocok untuk mencampurkan bahan. Tuang separuh isi toples ke dalam saluran yang tersumbat, dan simpan separuh lainnya untuk nanti.

Kemudian, untuk membersihkannya tuang sepanci air mendidih. Biarkan tiriskan selama satu jam. Kemudian, alirkan air keran untuk membilas sisa larutan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com