Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/02/2021, 13:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan tanaman di dalam rumah merupakan salah satu cara untuk mendekorasi ruangan agar lebih teduh dan alami. Bahkan, tanaman kini menjadi salah satu item yang selalu ada di beberapa area rumah.

Namun, yang harus diperhatikan adalah tanaman perlu beradaptasi dengan kondisi di dalam ruangan.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (13/2/2021), beberapa tanaman akan meneteskan air yang disiram karena tanaman tersebut mencoba mengatur pertumbuhannya sendiri. Lantas, apakah kondisi tersebut normal?

Baca juga: Akar Tanaman Hias Indoor Busuk? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Ketika tanaman meneteskan air di ujung daunnya, hal ini mungkin hanya transpirasi saat air bergerak melalui tanaman dan menguap dari daun, batang, dan bunganya.

Daun yang meneteskan air adalah kejadian alami, sama halnya seperti orang yang berkeringat.
Jika lembab, tetesan air berkumpul di daun. Ini biasanya terjadi di musim panas, terutama jika jendela dalam keadaan terbuka.

Kelembapan siang hari dan kelembaban di udara saat embun mengendap di pagi hari semuanya diserap, sampai taraf tertentu, oleh daun tanaman.

Biasanya, ini adalah hal yang baik. Namun, jika tanaman sudah jenuh, ia perlu melepaskan kelembaban berlebih, dan melakukannya dengan transpirasi melalui daunnya.

Baca juga: Air Bawang Bisa Basmi Kutu Daun pada Tanaman, Begini Cara Membuatnya

Namun, jangan khawatir air yang menetes tidak akan menyebabkan genangan yang banyak, sebab hanya akan ada satu atau dua tetesan di ujungnya.

Transpirasi ini tidak merusak tanaman Anda, tetapi dapat merusak furnitur atau lantai. Ada cara mudah untuk menghentikan daun yang menetes, yakni sebagai berikut.

Kurangi penyiraman

Daun yang meneteskan air disebabkan karena sudah memiliki kelembapan sebanyak yang bisa mereka tahan dan akhirnya mengeluarkan kelebihan air. Selama musim lembab, sebagian besar tanaman tidak membutuhkan air sebanyak biasanya, sehingga sesuaikan jumlah air yang disiram.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com