Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Penyebab Dispenser Tidak Bisa Mengeluarkan Air

Kompas.com - 27/01/2021, 14:46 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika haus dan ingin minum, namun air di dispenser justru tidak keluar, hal ini pasti membuat seseorang mungkin merasa jengkel sekaligus penasaran tentang apa yang terjadi pada dispensernya.

Air yang tidak keluar dari sebuah dispenser merupakan salah satu permasalahan yang tak jarang terjadi, sekalipun kamu telah mengangkat atau menekan keran dispenser dengan penuh.

Terdapat beberapa penyebab yang bisa membuat air pada dispenser tidak mau keluar, entah pada keran atau komponen di dalam dispenser.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Dispenser Air Dibutuhkan di Rumah

Dirangkum dari beberapa sumber, Rabu, (27/1/2021), berikut ini beberapa penyebab yang membuat dispenser tidak bisa mengeluarkan air.

1. Masalah pada keran

Air pada dispenser yang tidak keluar bisa dikarenakan oleh keran dispenser yang bermasalah, entah itu macet atau mampet atau memang sudah rusak.

Periksa terlebih dahulu keran dispenser untuk memastikannya, jika longgar atau sudah tidak elastis mungkin keran air sudah rusak dan tidak berfungsi.

Keran air dispenser yang macet atau rusak bisa diakibatkan karena usia penggunaan yang sudah melampaui batas atau cara pengaplikasiaannya tidak beraturan.

Baca juga: Ketahui, Penyebab Air di Semua Keran Dispenser Menjadi Panas

Saat kerannya bermasalah, sebaiknya ganti dengan yang baru untuk lebih memudahkan dan awet, sehingga tidak merepotkan di kemudian hari.

Beli keran yang sesuai dengan tipe dan merek dispenser milikmu. Kamu bisa membelinya ke toko perabotan atau secara online.

Jika kesulitan menemukan keran yang sama, kamu perlu membelinya di di dealer atau service center resmi dari merek dispenser milikmu.

2. Air di tabung menjadi beku

Apabila kamu memiliki dispenser dengan fitur air dingin, maka bisa saja air pada tabung penampungannya menjadi beku sehingga membuat air tidak keluar dari dispenser.

Perlu diketahui bahwa proses pendinginan air pada dispenser dengan fitur air dingin menggunakan mesin kompresor khusus di dalam dispenser.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com