Cara Mengatasi Gembok Berkarat yang Jadi Sulit Digunakan

Kompas.com - 23/02/2021, 18:27 WIB
Ilustrasi gembok berkarat. PIXABAY/NO-LONGER-HEREIlustrasi gembok berkarat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah gembok yang terus menerus digunakan dan terpapar berbagai macam hal sangat rentan terhadap karatan atau korosi dan mencapai titik di mana bantalan gembok akan sulit bekerja seperti biasa.

Oleh karena itu, gembok yang kamu miliki untuk mengunci pagar, pintu, dan beberapa benda lainnya akan sulit dibuka, sehingga jadi tidak bisa digunakan.

Meski begitu, gembok yang mengalami korosi dan berkarat bukan berarti menandakan mereka telah rusak sepenuhnya.

Baca juga: Cara Ampuh Basmi Karat di Barang Stainless Steel

Untuk permasalahan ini, kamu bisa memperbaikinya ketimbang harus membeli gembok baru yang harganya tak begitu murah.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (23/2/2021), berikut ini cara mengatasi gembok yang korosi dan berkarat agar kembali berfungsi dan bisa kamu gunakan lagi seperti sedia kala.

Dalam mengatasi gembok berkarat yang sulit dibuka bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni menggunakan semprotan WD-40 maupun tanpa WD-40.

1. Menggunakan semprotan WD-40

Semprotan WD-40 merupakan pelarut daripada pelumas, dan akan menggantikan pelumas di dalam kunci, membuatnya terbuka terhadap korosi.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membersihkan Noda Karat di Kamar Mandi, Pakai Bumbu Dapur

Untuk cara ini, bersihkan gembok dengan banyak WD-40, lalu lumasi melalui lubang belenggu dengan beberapa tetes oli mesin yang sangat halus, seperti 3-in-1. (Oli yang lebih berat menarik kotoran dan menyebabkan lengket.)

Kemudian semprotkan pelumas berbahan dasar Teflon atau silikon ke dalam lubang pasak. Cegah kunci yang terbuka agar tidak lengket dengan melindunginya dari elemen.

Tutup penutup dari kulit, plastik, atau karet dari ban dalam yang terpasang pada kusen pintu di atas kunci menghasilkan keajaiban, menumpahkan air dan mencegah masuknya kotoran.

2. Tanpa menggunakan semprotan WD-40

Langkah 1

Seka karat berlebih dari gembok dengan tisu basah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X