Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Cuka Apel, Bersihkan Karpet hingga Saluran Air Tersumbat

Kompas.com - 10/03/2021, 07:19 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain soda kue, cuka, dan lemon, ada pembersih alami yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai benda di rumah, yaitu cuka apel.

Selain dapat mengobati flu dan menenangkan kulit kepala, cuka apel ini juga dapat digunakan untuk membuat rumah semakin lebih bersih.

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (10/3/2021), berikut manfaat cuka apel untuk membersihkan  berbagai permukaan di rumah. 

Baca juga: Cara Alami Mengusir Lalat Buah dari Rumah, Pakai Cuka Apel

1. Dapur

Larutan cuka sari apel dan air dengan perbandingan 1: 1 merupakan pembersih yang tangguh untuk seluruh dapur bahkan dapat menghilangkan bakteri. Gunakan untuk membersihkan meja dapur, microwave, kompor, dan sebagainya. 

Selain itu, karena larutan ini encer, Anda tidak perlu khawatir asam di dalam cuka Anda menggerogoti permukaan atau menumpulkan kilauannya.

Menambahkan cuka apel ke siklus pencucian mesin cuci piring Anda dapat menghilangkan noda dari peralatan makan seperti cangkir kopi dan teh. Untuk hasil yang maksimal, seperempat cangkir sudah cukup.

Cuka apel juga dapat digunakan untuk membersihkan, menghilangkan bau dan noda pada mesin pencuci piring Anda ketika ditambahkan beberapa menit ke dalam siklus pencucian.

Baca juga: Hindari Membersihkan 6 Benda Ini Menggunakan Cuka

2. Kamar mandi

Lawan jamur bak mandi dengan bilasan cuka apel. Tergantung pada tingkat keparahan masalah jamur , Anda bisa menggunakan cuka sari apel sendiri atau mengencerkannya dengan sedikit air.

Tambahkan sedikit minyak esensial untuk membuat kamar mandi beraroma lemon segar.

Saluran air yang tersumbat juga bisa diatasi dengan cuka apel. Pertama, tuangkan sekitar setengah cangkir soda kue ke saluran pembuangan, diikuti dengan secangkir cuka biasa dan secangkir air panas.

Setelah sekitar 15 menit bilas semuanya dengan air mendidih.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com