Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Desain Denah Lantai Terbuka Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 15/12/2021, 09:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Denah rumah lantai terbuka dibuat untuk membantu keluarga merasa terhubung dan membanjiri rumah dengan cahaya alami. Namun, ruangan dengan denah lantai terbuka bisa sangat sulit untuk didekorasi.

Di ruang terbuka yang besar tanpa dinding atau pintu, mencari tahu cara membuat zona untuk memasak, makan, dan menonton TV, sambil tetap membuat semuanya terlihat kohesif, bisa menjadi tantangan.

Melansir dari Real Simple, Rabu (15/12/2021), dua desainer interior Delia Kenza dan Natalie Papier memberikan tips untuk membuat denah lantai tata letak terbuka berfungsi.

Baca juga: 5 Kesalahan Tata Letak Dekorasi yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui

Pertahankan skala dalam pikiran

"Jika Anda memutuskan untuk memiliki denah lantai terbuka, pastikan Anda mempertimbangkan skala," kata Kenza.

Jangan sampai dapur menguasai sisa ruang. Jika Anda mendesain dapur besar, area tersebut menjadi semua tentang memasak, dan ada lebih sedikit ruang untuk bersantai dan menghibur, itulah konsep terbuka.

Saat mempertimbangkan tata letak, pastikan ada banyak ruang yang dikhususkan untuk setiap tujuan yang Anda miliki untuk ruang tersebut, apakah itu membaca, mengadakan pesta makan malam, atau menonton film.

Demikian pula, pertimbangkan skala saat mencari furnitur, karpet, dan aksesori lainnya. Sofa kecil atau meja makan mungkin terasa tidak pada tempatnya dalam denah lantai terbuka yang luas.

Baca juga: 5 Inspirasi Tata Letak Kamar Tidur dari Desainer Interior

Sebelum membeli furnitur baru untuk ruang, buat garis besar dimensi potongan menggunakan selotip pelukis di lantai. Beberapa pengecer juga memiliki aplikasi dengan alat visualisasi 3D yang memungkinkan Anda "menempatkan" barang secara virtual di ruangan untuk memastikannya pas.

Tentukan zona

"Saat mendesain ruang yang merupakan bagian dari denah lantai terbuka, saya merekomendasikan penggunaan karpet dan furnitur untuk menentukan area individual," ungkap Papier.

Karpet besar yang nyaman akan menciptakan pendaratan yang nyaman dan pemisahan visual antara ruang tamu dan dapur dengan tata ruang terbuka.

"Cat juga merupakan cara yang bagus untuk membantu Anda menentukan ruang dalam tata letak terbuka," katanya.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com