Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Tata Letak Dekorasi yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui

Kompas.com - 03/12/2021, 14:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi Tiongkok kuno yang digunakan untuk melihat bagaimana meningkatkan aliran energi di rumah.

Kemudian, feng shui dikembangkan untuk membantu orang-orang dalam menempatkan rumah mereka untuk terhubungan dengan kondisi lingkungannya. 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Gorden Menurut Feng Shui

Di dunia modern, feng shui didefinisikan sebagai "perhatian terhadap ruang". Ketika dapat menyadari detail di ruangan, kita dapat terhubung dan menciptakan rumah yang memelihara serta mendukung kita.

Salah satu cara memasukkan prinsip feng shui ke kehidupan adalah memperbaiki lima kesalahan tata letak dekorasi rumah yang paling umum.

Beruntung, sebagian besar hal tersebut mudah diperbaiki. Namun, jika tidak bisa, ingatlah melakukan yang terbaik dengan apa yang dimiliki. 

Nah, melansir dari Real Simple, Jumat (3/12/2021), berikut lima kesalahan tata letak dekorasi rumah yang harus dihindari menurut feng shui. 

Baca juga: 5 Simbol Kekayaan di Rumah Menurut Feng Shui, Apa Saja? 

Pintu terblokir

Ilustrasi area pintu masuk rumahUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi area pintu masuk rumah
Dalam feng shui, pintu mewakili suara Anda. Pintu juga merupakan cara energi mengalir di dalam dan seluruh rumah. Banyak pintu rumah yang terblokir dan tidak bisa membuka 90 derajat penuh.

Selain itu, terkadang ada banyak kekacauan yang tergantung di balik pintu serta perabot  menghalangi pintu sehingga membuat pintu tidak terbuka sepenuhnya.

Karena itu, segera bersihkan kekacauan dan singkirkan perabotan dari pintu rumah sehingga dapat mengundang aliran Qi (energi kekuatan kehidupan) yang baik ke dalam rumah. 

Baca juga: 5 Lokasi Terbaik Meletakkan Tanaman Lidah Mertua Menurut Feng Shui 

Tempat tidur di luar perintah

Salah satu prinsip terpenting dalam feng shui adalah posisi memerintah. Posisi ini menempatkan kita dalam kendali atas hidup sehingga dapat bersantai dan melihat peluang yang datang ke arah kita.

Sangat umum melihat tempat tidur di kamar tidur ditempatkan di luar kendali. Untuk memastikan tempat tidur dalam posisi perintah, Anda ingin bisa melihat pintu kamar tidak langsung sejajar dengan Anda saat berbaring di tempat tidur. 

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Aroma Lavender Menurut Feng Shui

Jika Anda langsung sejajar dengan pintu, artinya Anda berada dalam apa yang disebut "posisi peti mati" dengan kaki mengarah ke pintu.

Untuk memperbaikinya, pilihan pertama dan terbaik adalah memindahkan tempat tidur. Biasanya, posisi terbaik adalah menjadi diagonal (atau "kitty-corner") ke pintu.

Apabila posisi ini tidak memungkinkan karena fitur arsitektur kamar tidur atau keterbatasan ruang, Anda dapat menempatkan cermin sebagai alternatif sehingga ketika berada di tempat tidur, Anda dapat melihat pintu dari cermin. 

Baca juga: Lemari Pakaian yang Berantakan Buruk Menurut Feng Shui, Kenapa? 

Tempat tidur merapat ke dinding

Ilustrasi kamar tidur.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi kamar tidur.
Untuk orang dewasa, tempat tidur utama idealnya memiliki kepala tempat tidur yang  menempel pada dinding yang kokoh dengan ruang di sisi lain tempat tidur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com