Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Tata Letak Dekorasi yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui

Kemudian, feng shui dikembangkan untuk membantu orang-orang dalam menempatkan rumah mereka untuk terhubungan dengan kondisi lingkungannya. 

Di dunia modern, feng shui didefinisikan sebagai "perhatian terhadap ruang". Ketika dapat menyadari detail di ruangan, kita dapat terhubung dan menciptakan rumah yang memelihara serta mendukung kita.

Salah satu cara memasukkan prinsip feng shui ke kehidupan adalah memperbaiki lima kesalahan tata letak dekorasi rumah yang paling umum.

Beruntung, sebagian besar hal tersebut mudah diperbaiki. Namun, jika tidak bisa, ingatlah melakukan yang terbaik dengan apa yang dimiliki. 

Nah, melansir dari Real Simple, Jumat (3/12/2021), berikut lima kesalahan tata letak dekorasi rumah yang harus dihindari menurut feng shui. 

Selain itu, terkadang ada banyak kekacauan yang tergantung di balik pintu serta perabot  menghalangi pintu sehingga membuat pintu tidak terbuka sepenuhnya.

Karena itu, segera bersihkan kekacauan dan singkirkan perabotan dari pintu rumah sehingga dapat mengundang aliran Qi (energi kekuatan kehidupan) yang baik ke dalam rumah. 

Tempat tidur di luar perintah

Salah satu prinsip terpenting dalam feng shui adalah posisi memerintah. Posisi ini menempatkan kita dalam kendali atas hidup sehingga dapat bersantai dan melihat peluang yang datang ke arah kita.

Sangat umum melihat tempat tidur di kamar tidur ditempatkan di luar kendali. Untuk memastikan tempat tidur dalam posisi perintah, Anda ingin bisa melihat pintu kamar tidak langsung sejajar dengan Anda saat berbaring di tempat tidur. 

Jika Anda langsung sejajar dengan pintu, artinya Anda berada dalam apa yang disebut "posisi peti mati" dengan kaki mengarah ke pintu.

Untuk memperbaikinya, pilihan pertama dan terbaik adalah memindahkan tempat tidur. Biasanya, posisi terbaik adalah menjadi diagonal (atau "kitty-corner") ke pintu.

Apabila posisi ini tidak memungkinkan karena fitur arsitektur kamar tidur atau keterbatasan ruang, Anda dapat menempatkan cermin sebagai alternatif sehingga ketika berada di tempat tidur, Anda dapat melihat pintu dari cermin. 

Meski dapat menghemat ruang, mendorong tempat tidur ke dinding bisa menciptakan ketidakseimbangan Yin dan Yang bagi penghuninya. Bahkan hanya 45 sentimeter dapat membuat perbedaan besar pada ruangan. 

Hal ini juga ideal untuk memiliki ruang di kaki tempat tidur sehingga Anda mempunyai ruang untuk bergerak maju dalam hidup. Jika hal ini tidak memungkinkan dan tidak memiliki ruang, lakukan yang terbaik yang Anda bisa. 

Meja kerja di kamar tidur

Karena meja kerja adalah simbol karier dan pekerjaan Anda, hal itu membuat keseimbangan kehidupan kerja menjadi sangat merenggang ketika memiliki meja kerja di kamar tidur.

Sebab, Anda melihat meja ketika akan tidur sehingga membuat untuk memikirkan pekerjaan. Sebaliknya, ketika sedang bekerja, Anda akan melihat tempat tidur sehingga bisa membuat mengantuk dan ingin beristirahat.

Meja kerja yang berada di kamar tidur berkontribusi pada ketidakseimbangan. Karena itu, sebaiknya memindahkan meja kerja dari kamar tidur.

Namun, terkadang keterbatasan ruang membuat banyak orang menempatkan meja kerja di kamar tidur. Salah satu cara mengatasinya adalah membuat pemisahan visual. Anda dapat menggunakan tirai, layar, bahkan rak buku yang berdiri sendiri sebagai pembatas.  

Namun, dalam banyak kasus, hal itu bukan feng shui yang baik jika itu adalah meja utama. Hal ini bisa membuat Qi langsung keluar dari jendela dan menjauh dari pekerjaan Anda.

Untuk itu, perlu memindahkan meja kerja menjauh dari jendela. Akan tetapi, bila satu-satunya tempat untuk meletakkan meja adalah di depan jendela, tarik tirai saat bekerja sehingga Qi tetap bersama Anda di meja.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/03/140000276/5-kesalahan-tata-letak-dekorasi-yang-harus-dihindari-menurut-feng-shui

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke