Kompas.com - 28/11/2021, 19:25 WIB
Ilustrasi membersihkan bunga es pada freezer. SHUTTERSTOCK/SHVEYN IRINAIlustrasi membersihkan bunga es pada freezer.

JAKARTA, KOMPAS.com--Bunga es pada freezer kulkas tidak hanya tak sedap dipandang, namun juga dapat mempengaruhi kualitas makanan.

Bunga es disebut dapat enyebabkan bau yang tidak sedap dan bahkan melemahkan efisiensi freezer. Tapi ada cara untuk melawannya. 

Penumpukan embun beku di freezer dapat menyebabkan berbagai masalah pada alat dan makanan yang disimpan di dalamnya. Tapi tahukah apa yang menyebabkan bunga es pada dan bagaimana mencegahnya? Berikut penjelasannya.

Dilansir dari Family Handiman, Minggu (28/11/2021), akumulasi uap air beku di dinding bagian dalam dan rak peralatan umumnya dikenal sebagai bunga es.

Hal ini terjadi ketika "kelembaban bersentuhan dengan kumparan evaporator di dalam freezer dan kemudian membeku," menurut General Electric.

Baca juga: Trik Menyimpan Ragam Bahan Makanan di Dalam Kulkas

Kelembaban terkumpul pada kumparan evaporator dengan beberapa cara. Membiarkan pintu freezer terbuka terlalu lama mungkin adalah yang paling umum.

Gasket yang aus atau rusak (segel pintu) akan memungkinkan udara hangat masuk dan udara dingin keluar, juga bisa menjadi penyebab adanya bunga es pada freezer.

Makanan panas yang ditempatkan di freezer juga dapat menghasilkan kelembapan, yang menyebabkan penumpukan embun beku.

Hal lain yang menyebabkan terjadinya bunga es antara lain, pengatur waktu pencairan es yang tidak berfungsi, pemanas dan termostat yang bermasalah.

Dampak negatif dari bunga es

Penting untuk mengambil tindakan jika kamu melihat penumpukan es di freezer. Inilah yang terjadi jika kamu tidak melakukannya:

  • Mengurangi ruang penyimpanan freezer
  • Bau busuk
  • “Pembakaran freezer,” kristal yang membuat makanan Anda terasa tidak enak;
  • Kerusakan pada alat.

Baca juga: Perhatikan Ini Sebelum Membeli Kulkas

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.