Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Dilakukan Orang Saat Membeli Furnitur

Kompas.com - 25/11/2021, 17:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur melengkapi setiap ruangan di rumah, dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, dapur, hingga kamar mandi.

Tentu saja tanpa kehadiran furnitur-furnitur ini membuat ruangan terasa kurang lengkap, nyaman, dan cantik. 

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membersihkan Furnitur Berbahan Beludru

Ketika tiba saatnya membeli furnitur untuk melengkapi ruangan, umumnya orang mencari bagian yang kokoh, fungsional, serta menarik.

Namun, hampir semua orang justru mudah terpikat untuk membeli furnitur yang mengikuti tren, yang pada akhirnya mengecewakan.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi pada Anda, penting mengetahui kesalahan yang dilakukan orang saat berbelanja furnitur seperti dikutip dari Bobvila, Kamis (25/11/2021). 

Baca juga: 4 Pilihan Cat Terbaik untuk Mengecat Furnitur Kayu 

Tidak berpikir ke depan

Ilustrasi ruang keluarga, furnitur di ruang keluargaUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi ruang keluarga, furnitur di ruang keluarga
Ketika mencari furnitur untuk mengisi rumah saat ini, pertimbangkan bagaimana hidup Anda—dan ruang hidup—dapat berubah dalam beberapa tahun ke depan.

Misalnya, mempertimbangkan pindah dalam lima tahun ke depan, pikirkan tentang bagaimana ukuran rumah dapat menyusut atau meluas, bagaimana Anda akan menggunakan ruang tersebut, dan ke mana furnitur akan pergi.

Pandangan ke masa depan ini dapat membuat Anda mengambil keputusan yang bijaksana saat berbelanja furnitur "selamanya" seperti sofa dan meja makan.

Berhati-hatilah dengan tren. Singkatnya, membeli furnitur dengan mempertimbangkan masa kini dan masa depan. 

Baca juga: Tips Belanja Furnitur untuk Lengkapi Rumah Baru 

Lakukan penelitian

Sebelum membeli furnitur, lakukan penelitian terlebih dulu, baik ke toko langsung maupun online. Hal ini membantu Anda mempelajari pilihan dan biaya rata-rata furnitur.

Andalkan ulasan dari sumber tepercaya untuk menentukan kualitas toko yang dikunjungi serta merek dan barang yang ingin dibeli. Ini sangat penting jika berencana membeli furnitur secara online karena tidak dapat melihat, menyentuh, atau menguji furnitur secara langsung.

Jika kursi atau sofa favorit sebagian besar memiliki ulasan negatif, Anda mungkin harus mempertimbangkan kembali untuk membelinya daripada mendapat kecewa. 

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Ini Tips Merawat Furnitur Kayu agar Tetap Bagus 

Tidak praktis

Perhatikan gaya hidup Anda sebelum membeli furnitur. Jika ingin mengadakan pesta makan malam, sebaiknya memilih meja makan dengan daun tambahan.

Apabila rumah memiliki anak atau hewan peliharaan, pilih furnitur seperti sofa dengan pelapis yang mudah dibersihkan dan menyembunyikan keausan.

Demikian pula, bersikaplah praktis saat menguji furnitur di toko. Bila kursi terasa tidak nyaman setelah diduduki sebentar, itu tidak akan terasa lebih baik setelah Anda duduk di dalamnya untuk waktu lama. 

Baca juga: 5 Langkah Memilih Furnitur yang Sempurna untuk Ruang Luar di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com