Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pilihan Cat Terbaik untuk Mengecat Furnitur Kayu

Kompas.com - 16/11/2021, 16:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring penggunaan, furnitur kayu di rumah bisa mengalami perubahan warna atau warnanya memudar. Tentu tampilan ini membuat furnitur tidak menarik serta membuat buruk tampilan ruangan.

Tak jarang, sebagai solusi, banyak orang yang memilih mengecat furnitur. Namun, mengecat furnitur bisa menjadi proses yang bakal terus dilakukan karena cat bisa terkelupas, meninggalkan bekas kuas, serta tidak rata. 

Baca juga: Tips Belanja Furnitur untuk Lengkapi Rumah Baru

Hal ini juga menjadi beberapa masalah yang dapat mempengaruhi kualitas pekerjaan cat Anda. Untuk itu, pastikan menggunakan cat terbaik saat mengecat furnitur dapat memperoleh tampilan yang diinginkan. 

Melansir dari Hunker, Selasa (16/11/2021), berikut pilihan cat terbaik untuk mengecat furnitur kayu

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Ini Tips Merawat Furnitur Kayu agar Tetap Bagus 

Cat berbasis air

Ilustrasi cat.SHUTTERSTOCK/NMEDIA Ilustrasi cat.
Lateks dan akrilik adalah jenis utama cat berbasis air dan keduanya dapat digunakan pada furnitur. Cat ini bekerja dengan baik pada permukaan yang sedikit keropos seperti kayu, batu, dan anyaman serta tahan hingga penggunaan ringan hingga sedang.

Cat berbasis air biasanya membutuhkan lapisan primer dan cenderung lebih mudah menunjukkan bekas kuas.

Cat lateks tersedia dalam berbagai warna dan hasil akhir seperti datar, satin, semi gloss, juga  high-gloss. Cat datar bila memberikan efek matte pada furnitur dan satin dan semi-gloss memberikan tampilan umum. 

High-gloss menawarkan daya tahan paling tinggi dan merupakan hasil akhir paling mudah dibersihkan. Pilih hasil akhir cat berdasarkan tampilan yang diinginkan dan seberapa banyak penggunaan furnitur. 

Baca juga: Tips Merawat Furnitur Kayu agar Awet dan Tidak Berjamur

Cat berbasis minyak

Cat berbasis minyak atau cat alkyd adalah pilihan yang tahan lama. Cat ini memberikan hasil akhir yang kaya serta mengkilap seperti pernis. Cat berbasis minyak menempel pada sebagian besar permukaan dengan baik sehingga membuatnya cocok untuk hampir semua permukaan, termasuk furnitur. 

Cat berbasis minyak adalah pilihan baik untuk furnitur yang sering digunakan atau sering dicuci.

Cat ini tersedia dalam hasil akhir yang sama dengan lateks, yakni datar, satin, semi-gloss, dan high-gloss. Sama dengan cat lateks, high-gloss adalah yang terbaik dan mudah untuk dicuci.

Namun, jenis cat ini lebih berbahaya daripada cat berbasis air dan menghirup asapnya bisa berbahaya. Untuk itu, sebaiknya mengecat furnitur di luar ruangan atau di area berventilasi baik. Hindari kontak dengan mata dan kulit karena dapat menyebabkan iritasi. 

Baca juga: 5 Trik Mencegah Hewan Peliharaan Merusak Furnitur di Rumah 

Cat semprot 

Metode cat semprot dapat menghilangkan bekas kuas yang dapat dialami cat lain. Cat semprot juga berfungsi baik saat mengecat sesuatu dengan banyak detail kecil serta area melengkung atau bulat. 

Cat semprot tersedia dalam pilihan warna terbatas, yang dapat melumpuhkan kreativitas. Sebagai solusi, gunakan alat penyemprot cat dengan cat pilihan yang diinginkan.

Cat semprot bekerja dengan baik untuk semua cat, bahkan jenis yang lebih tebal. Mesin menggunakan tekanan tinggi untuk mengirim tetesan cat ke permukaan furnitur. 

Baca juga: 5 Langkah Memilih Furnitur yang Sempurna untuk Ruang Luar di Rumah

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com