Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Trik Mencegah Hewan Peliharaan Merusak Furnitur di Rumah

Kompas.com - 06/11/2021, 17:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ahs

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi mereka yang memiliki hewan peliharaan, kehadiran hewan ini di rumah bukan hanya sebagai hewan, melainkan juga bagian dari keluarga.

Kehadiran hewan peliharaan yang lucu dan ramah bisa memberi kesenangan di rumah. Namun, ada beberapa perilaku hewan peliharaan yang dapat menyebabkan kerusakan di dalam rumah. 

Baca juga: Produk Pembersih dengan Bahan Aktif Ini Berbahaya bagi Hewan Peliharaan

Mulai dari, mengencing karpet atau sofa serta menggaruk sofa, karpet, dan gorden. Memperbaiki kerusakan ini bisa cukup mahal, bahkan terkadang tidak bisa diperbaiki dan harus mengganti dengan yang baru.

Solusi terbaik yang harus dilakukan adalah mengurangi kerusakan dengan melatih hewan peliharaan dan memberi mereka fasilitas dan stimulasi yang dibutuhkan. 

Melansir dari American Home Shield, Sabtu (6/11/2021), berikut trik mencegah hewan peliharaan merusak furnitur dan perabotan di rumah. 

Baca juga: 7 Tips Mempersiapkan Hewan Peliharaan Menghadapi Musim Hujan 

Lindungi perabotan dan furnitur

Ilustrasi anjing PomeranianUnsplash/FLOUFFY Ilustrasi anjing Pomeranian
Jika berurusan dengan hewan peliharaan yang sangat keras kepala, Anda dapat melindungi furnitur dan perabota dengan pelindung gores hewan peliharaan plastik bening yang menempel pada sudut furnitur berlapis kain seperti sofa. 

Tak perlu menutup seluruh furnitur karena kucing lebih suka menggaruk sudut sofa atau kursi. 

Baca juga: 5 Tips Melindungi Hewan Peliharaan Saat Cuaca Dingin agar Tetap Hangat

 

Gunakan pembersih enzimatik untuk mengatasi kecelakaan

Bau urine kucing atau anjing tidak hanya tidak menyenangkan bagi penghuni rumah, tapi juga dapat membingungkan hewan peliharaan sendiri membuatnya berpikir bahwa tidak apa-apa untuk terus berjalan di tempat itu.

Untuk menghilangkan bau urine kucing aanjing dari karpet, Anda perlu membeli pembersih enzimatik. Pembersih ini mengandung bakteri yang memakan amonia dan bahan organik lainnya dalam kotoran hewan peliharaan serta muntahan untuk membersihkan bau juga noda secara efektif dan permanen. 

Baca juga: Tips Menenangkan Hewan Peliharaan Sebelum Ditinggal Kembali Bekerja 

Sediakan tempat garukan

Ilustrasi tiang garuk untuk kucingUnsplash/Willian Justen de Vasconcellos Ilustrasi tiang garuk untuk kucing
Menggaruk adalah kebiasaan yang dilakukan kucing dan ini bukan kebiasaan buruk. Kucing memiliki kebutuhan biologis untuk melakukannya.

Ini membantu mereka mempertajam cakarnya dengan meranggas lapisan luar keratin. Menggaruk juga membantu kucing tetap bugar karena sebagai bentuk latihan dan memberi kucing kesempatan untuk menandai wilayah mereka melalui kelenjar aroma di kakinya.

Untuk meminimalkan kerusakan goresan pada furnitur serta pada dinding dan trim, sediakan tiang garukan untuk kucing.

Arahkan kucing untuk menggaruk ke tiang atau bantalan garukan. Beberapa kucing lebih suka tiang tegak, sementara yang lain lebih suka tiang gores horizontal. 

Baca juga: Ingin Memiliki Hewan Peliharaan? Penuhi Dulu 9 Syarat Ini 

Jangan biarkan hewan peliharaan bosan 

Seekor anjing yang bosan bisa menjadi penyebab banyak kerusakan pada rumah. Jika anjing peliharaan mengunyah furnitur atau menggigit pintu, kemungkinan besar sahabat bulu bosan.

Beri anjing lebih banyak latihan dan luangkan waktu setiap hari setidaknya 15 menit untuk melatihnya. Olahraga akan membantu anjing mengeluarkan energi gugupnya sehingga membuat anjing merasa lelah untuk menggaruk sofa. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Aman untuk Hewan Peliharaan

Anjing mengalami kecemasan perpisahan

Kecemasan akan perpisahan adalah alasan lain mengapa anjing mungkin ketakutan dan mulai menghancurkan barang-barang saat Anda keluar. Terlalu sering menyapa anjing saat Anda pulang ke rumah dapat memperburuk perilaku ini.

Untuk membantu menghilangkan kecemasan anjing akan perpisahan, latih anjing dengan menjalani rutinitas pergi sambil bersiap-siap bekerja. 

Ajak anjing bermain dan memujinya. Akhirnya, anjing akan menyadari bahwa kepergianmu bukanlah masalah besar karena kamu akan kembali. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com