Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plus Minus Tempat Tidur Besar dan Kecil, Mana yang Terbaik?

Kompas.com - 04/11/2021, 23:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Dengan tidur, seseorang bisa mengisi energinya setelah beraktivitas seharian penuh.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, ada beberapa faktor yang turut menunjangnya, salah satunya tempat tidur.  

Baca juga: Tips Menciptakan Kamar Tidur yang Tenang dan Nyaman Menurut Feng Shui

Seperti dilansir dari Decor Tips, Kamis (4/11/2021), keadaan kasur bisa mempengaruhi kualitas tidur seseorang, termasuk ukuran tempat tidur. 

Lantas, sebaiknya menggunakan tempat tidur berukuran kecil atau lebih besar untuk tidur? 

Aturan umumnya adalah jika Anda memiliki ruangan besar, tempat tidur besar mungkin menjadi pilihan estetika yang lebih baik. Di sisi lain, tempat tidur kecil terlihat lebih baik di kamar kecil.  

Baca juga: Panduan Menggunakan Air Purifier di Dalam Kamar Tidur

Ukuran tempat tidur dan dimensi kamar

Ilustrasi kamar tidurUnsplash/Collov Home Design Ilustrasi kamar tidur
Anda perlu memilih tempat tidur yang proporsional di kamar tidur. Cobalah menghindari tempat tidur terlalu besar atau terlalu kecil untuk menjaga keharmonisan dekorasi.

Jika memiliki kamar yang besar, pertimbangkan kasur yang lebih besar, terutama jika telah memiliki pasangan.

Namun, preferensi pribadi Anda juga akan membantu memutuskan ukuran kasur. Banyak orang lebih suka tidur di kasur twin karena menganggap ukuran queen atau king terlalu besar. 

Ketika  memiliki tempat tidur yang lebih kecil di kamar tidur, sebenarnya ada beberapa kelebihan di dalamnya seperti berikut ini. 

Baca juga: 7 Langkah Mudah Membersihkan dan Menghilangkan Noda di Kasur

  • Ranjang kecil biasanya berukuran panjang sekitar 90 sentimeter, tetapi ada juga yang berukuran 100 atau 105 sentimeter,
  • Tempat tidur kecil sangat cocok dengan sudut mana pun serta menjadi pilihan bagus untuk kamar tidur bayi, remaja, atau dewasa,
  • Menggunakan kasur ukuran kecil membuat area yang nyaman untuk tidur. Area kecil sangat cocok dengan ukuran individu dewasa. Anda mungkin tidak berpikir begitu pada pandangan pertama, tetapi tempat tidur kecil menawarkan istirahat dan kenyamanan yang menyenangkan. 
  • Karena untuk penggunaan individu, Anda dapat menikmati ruang pribadi saat beristirahat serta lebih mudah dirapikan pada pagi hari. 

Baca juga: 5 Kesalahan Menata Tempat Tidur yang Dapat Mengganggu Kenyamanan 

Tempat tidur besar, ruang, dan proporsi

Ilustrasi kamar tidur. PEXELS/VECISLAVAS POPA Ilustrasi kamar tidur.
Tempat tidur besar lebih cocok untuk dua orang. Kasur ini awalnya dimaksudkan untuk pasangan sehingga terlalu besar untuk satu orang.

Terlepas dari itu, beberapa orang lebih suka menggunakan tempat tidur besar untuk diri mereka sendiri karena memiliki keuntungan berikut; 

  • Tempat tidur besar biasanya berukuran lebar sekitar 150 sentimeter. Meski Anda selalu dapat menemukan model yang lebih besar atau lebih kecil, sebagian besar ukurannya sekitar 150 sentimeter. 
  • Tempat tidur besar menawarkan banyak ruang yang membantu pengguna merasa bebas, bahkan saat beristirahat di tengah malam. Tempat tidur ini adalah pilihan bagus untuk orang-orang yang sering bergerak ketika tidur. 

Baca juga: 8 Furnitur yang Dapat Diletakkan di Ujung Tempat Tidur

Tempat tidur yang lebih besar mengambil lebih banyak ruang di kamar tidur serta menjadi pusat perhatian di kamar tidur. 

Karena itu, pilih tempat tidur sesuai dengan kebutuhan dan memberi kenyamanan demi menunjang tidur berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com