Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memastikan Tempat Tidur Tingkat Aman untuk Anak-anak

Kompas.com - 06/10/2021, 12:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur tingkat banyak dipilih oleh orang tua untuk kamar tidur anak-anak. Karena digunakan oleh anak-anak, maka tempat tidur tingkat harus dipastikan aman sebelum digunakan.

Dilansir dari Hunker, Rabu (6/10/2021), menurut data Nationwide Children's Hospital, di Amerika Serikat saja, terjadi sekitar 36.000 cedera terkait tempat tidur terjadi pada anak-anak. Sebagian besar cedera itu berasal dari jatuh saat tidur atau bermain.

Ini berarti cedera tersebut dapat dicegah jika tindakan pencegahan keselamatan diikuti. Keamanan yang optimal tidak hanya memastikan bahwa tempat tidur secara struktural aman dan bebas dari bahaya, tetapi juga anak-anak diinstruksikan tentang penggunaan tempat tidur yang benar.

Baca juga: 5 Tips Menata Tempat Tidur agar Mewah dan Nyaman Seperti Hotel

Berikut beberapa tips untuk memastikan tempat tidur tingkat aman untuk anak-anak.

Ilustrasi tempat tidur tingkat. SHUTTERSTOCK/JOE HENDRICKSON Ilustrasi tempat tidur tingkat.

1. Sebelum membeli

Di AS, tempat tidur tingkat baru harus memenuhi peraturan keselamatan yang ditetapkan pada tahun 2000 oleh Komisi Keamanan Produk Konsumen. Informasi produk harus dengan jelas mencantumkan pabrikan, serta sertifikat yang memastikan tempat tidur telah diuji dan memenuhi standar keselamatan.

Tempat tidur tingkat bekas, atau bahkan versi DIY, mungkin tidak memenuhi standar ini, jadi mungkin perlu sedikit modifikasi untuk memastikan keamanan maksimal.

2. Pagar pembatas dan tangga

Selain pemasangan yang benar, pagar pembatas dan tangga atau anak tangga yang menuju ke tempat tidur atas adalah salah satu pengaman terpenting di tempat tidur. Standar di AS mengharuskan area tempat tidur atas di tempat tidur susun memiliki pagar pembatas di kedua sisi tempat tidur.

Baca juga: Tips Meletakkan Tempat Tidur di Kamar Menurut Feng Shui

Pagar ini ini harus setidaknya 5 inci lebih tinggi dari bagian atas kasur, dan dengan celah tidak lebih besar dari 3,5 inci di antara pagar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com