Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 04/08/2023, 22:39 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan keadaan rumah yang rapi dan tertata, kualitas udara di dalam ruangan tersebut juga menjadi salah satu faktor penting di dalam ruangan. Untuk mendapatkan udara yang berkualitas baik, Anda dapat menggunakan air purifier sebagai alat bantu. 

Dikutip dari Hunker, manfaat air purifier adalah membersihkan udara yang Anda hirup dengan menyaring partikel, patogen, dan racun yang mengambang tanpa terdeteksi di udara.

Selain itu, menggunakan air purifier juga sangat membantu untuk bayi dan anak kecil, penderita asma dan alergi, individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan orang tua.

Baca juga: 7 Manfaat Menggunakan Air Purifier di Rumah untuk Kesehatan

Hal yang perlu diketahui, air purifier paling efektif diletakkan di kamar tidur karena Anda bernapas paling dalam saat tidur. Untuk posisinya, beberapa model harus berada di tengah ruangan, sedangkan yang lain dapat berfungsi pada atau di dekat dinding.

 

Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.SHUTTERSTOCK/ Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.

Berikut manfaat air purifier di dalam kamar tidur dan panduan meletakkan air purifier di dalam kamar tidur agar lebih efektif. 

1. Kebutuhan

Air purifier digunakan untuk menyaring dan membersihkan udara yang tercemar di dalam rumah. Menurut Achoo Allergy and Air Products, banyak orang menghabiskan sekitar 90 persen waktunya di dalam ruangan, dan udara di dalam bisa 5 hingga 10 persen lebih kotor daripada udara di luar.

Air purifier, terlibat dalam "pertukaran udara"; kipas yang terpasang pada alat pembersih menyedot udara dari ruangan, mengirimkannya melalui proses penyaringan di dalam mesin dan kemudian melepaskan udara bersih kembali ke dalam ruangan.

Baca juga: Apakah Air Purifier Efektif Menghilangkan Debu di Dalam Rumah?

Mesin dibuat untuk memurnikan lingkungan satu kamar. Jika Anda ingin membersihkan udara di beberapa kamar tidur di rumah, Anda memerlukan lebih dari satu pembersih udara.

2. Melindungi dari asma

Air purifier melindungi individu terhadap alergen kamar tidur, termasuk tungau debu, jamur dan spora jamur, bulu hewan peliharaan, bakteri di udara, bau dan gas rumah tangga, dan senyawa organik yang mudah menguap yang ditemukan dalam produk rumah tangga seperti desinfektan, perlengkapan pembersih, cat, perekat, dan pernis.

Halaman:
Sumber Hunker


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com