Kompas.com - 03/11/2021, 18:27 WIB
Ilustrasi burung hantu Unsplash/Zden?k Machá?ekIlustrasi burung hantu

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam banyak film, burung hantu kerap muncul sebagai hewan peliharaan. Sebut saja, film Harry Potter. 

Film yang diproduksi pertama kali pada 2001 itu memiliki burung hantu bersalju bernama Hedwig Burung tersebut dipelihara Harry Potter serta digambarkan sebagai hewan peliharaan yang penurut, penolong, dan ramah. 

Baca juga: Mungkinkah Kita Memelihara Burung Hantu Seperti Harry Potter?

Dari situ, banyak orang tertarik memelihara burung hantu seperti Hedwig. Namun, bolehkan sebetulnya burung hantu dijadikan hewan peliharaan? 

Berbeda dengan anjing yang dibiakkan untuk domestikasi (penjinakkan hewan liar), burung hantu adalah makhluk liar dan hampir tidak mungkin memeliharanya di lingkungan rumah biasa.

Burung hantu adalah salah satu predator liar yang beradaptasi di bumi. Burung dari ordo Strigiformes ini terbang nyaris tanpa suara, memiliki bulu yang berumbai dan bergerigi, juga bisa menyerang mangsa tanpa suara. 

Baca juga: Catat, Begini Cara Mengajari Burung Peliharaan Berbicara

Burung hantu adalah hewan yang berevolusi untuk berburu dan membunuh mangsa. Tidak ada yang akan mengubah naluri itu. 

Seperti banyak pemburu, burung hantu berburu dan hidup sebagian besar sendirian. Burung hantu tidak tahan dengan pelukan dan kontak yang sering dengan manusia karena itu sepenuhnya bertentangan dengan sifat evolusi mereka.

Cakar setajam silet ini dirancang untuk menusuk dan memotong, bukan bertengger di bahu Anda. Jika tidak terbiasa dengan cara menangani pemangsa, Anda bisa berakhir menjadi korban. 

Melansir dari The Spruce Pets, Rabu (3/11/2021), berikut ilima alasan sebaiknya tidak memelihara burung hantu. 

Baca juga: 5 Ras Burung Peliharaan yang Memiliki Kemampuan Berbicara

Burung hantu adalah karnivora

Ilustrasi burung hantuUnsplash/Sonder Quest Ilustrasi burung hantu
Jika memelihara burung hantu, Anda harus memberinya makan daging segar setiap hari. Burung hantu adalah pemakan daging dan ini tentu bukan tugas menyenangkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.