Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Permasalahan yang Sering Terjadi pada Kulkas dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 19/10/2021, 14:57 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Which

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mengawetkan bahan makanan, kulkas menjadi alat elektronik yang sering digunakan banyak orang.

Namun, dengan perawatan yang minimal seperti jarang membersihkan kulkas dan memeriksa suhu dapat menyebabkan kulkas bermasalah.

Melansir dari Which.co.uk, Selasa (19/10/2021), berikut ini lima permasalahan yang sering terjadi pada kulkas dan cara mengatasinya. 

Baca juga: 5 Kelebihan Kulkas Side by Side, Kapasitas Besar Hingga Fitur Canggih 

Kulkas terlalu hangat

Ketika kulkas memiliki suhu yang terlalu hangat, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya seperti posisi kulkas yang terlalu dekat dengan sumber panas, memiliki ruang ventilasi yang kurang, atau suhu udara yang sangat panas di sekitar kulkas.

Untuk mengatasinya, lakukan beberapa pemeriksaan seperti apakah pintu ditutup dengan benar serta periksa penghalang dan kerusakan di sekitar engsel dan segel yang bisa membiarkan udara hangat masuk. 

Baca juga: Ini Area Terbaik Menyimpan Telur di Kulkas

Selain itu, periksa apakah kulkas terlalu penuh. Kulkas yang penuh sesak dapat mencegah sirkulasi udara dingin di sekitar bagian dalam kulkas, yang dapat membuat kulkas terlalu hangat.

Periksa pengaturan suhu kulkas, apakah kulkas berada di suhu yang benar. Sebab, ketika pengaturan suhu kurang dingin akan menyebabkan kulkas lebih hangat.  

Baca juga: 7 Penyebab Makanan di Dalam Kulkas Rusak hingga Busuk 

Freezer tidak membekukan makanan dengan benar

Freezer yang tidak membeku makanan juga menjadi permasalahan yang sering terjadi pada kulksa. Sebelum memanggil teknisi, cobalah periksa kipas dalam freezer dan pastikan tidak ada yang menghalanginya.

Jika terhalang, pindahkan barang-barang dan berikan ruang untuk bekerja. Periksa juga  apakah penumpukan es pada freezer menjadi penyebab freezer tidak berfungsi.

Selain itu, periksa kumparan kondensor di bagian belakang alat. Penumpukan debu pada kumparan dapat mencegah freezer mendinginkan makanan dengan benar. Lakukan pembersihan freezer untuk mengatasi masalah ini. 

Baca juga: Catat, 6 Makanan Ini Harus Segera Dibuang dari Freezer 

Bocor di dasar kulkas

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh lubang pembuangan yang tersumbat. Air mengembun di bagian belakang kulkas, di tempat yang lebih dingin, dan mengalir ke lubang pembuangan, tempat air dapat diuapkan oleh kompresor.

Debu, kotoran, dan sisa makanan sering kali tersangkut di lubang pembuangan sehingga mencegah air mengalir.

Namun, Anda dapat dengan mudah membersihkannya dengan sedotan tipis, seutas kawat, atau cotton bud.  

Baca juga: 5 Dampak Buruk Menyimpan Makanan Panas ke Dalam Kulkas 

Bagian freezer lebih berisik dari biasanya

Anda mungkin akan mendengar banyak suara yang berasal dari freezer sepanjang hari, dari dengung kompresor, deru kipas evaporator, hingga sesekali es yang mencair.

Namun, bila tiba-tiba mendengar suara yang tidak biasa, Anda perlu menyelidiki untuk melihat apakah itu menunjukkan masalah yang lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com