Kompas.com - 09/10/2021, 18:05 WIB
Rosemary tak hanya populer sebagai bumbu masakan, tetapi juga bisa menjadi alternatif tanaman pengusir nyamuk dengan kandungan asam rosmarinic-nya. PEXELS/KAROLINA GRABOWSKARosemary tak hanya populer sebagai bumbu masakan, tetapi juga bisa menjadi alternatif tanaman pengusir nyamuk dengan kandungan asam rosmarinic-nya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain tanaman hias, Anda juga bisa menanam tanaman herbal di rumah. Selain beberapa memiliki penampilan yang cantik, tanaman herbal juga bisa langsung dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau obat.

Beberapa tanaman hias yang dapat menjadi pilihan untuk ditanam adalah rosemary (Salvia rosmarinus) dan thyme (Thymus spp.). Meskipun keduanya berbeda, namun banyak orang yang tidak bisa membedakan rosemary dan thyme.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (9/10/2021), berikut perbedaan rosemary dan thyme yang perlu diketahui.

Baca juga: 5 Tanaman Rempah dan Herbal yang Cocok Ditanam dengan Media Hidroponik

Ilustrasi thyme.shutterstock Ilustrasi thyme.

1. Penampilan tanaman rosemary dan thyme

Thyme memiliki daun hijau bulat kecil yang terasa lembut di antara jari-jari Anda, sementara rosemary memiliki daun seperti jarum yang kaku.

Rosemary tumbuh di batang lurus yang berubah dari hijau menjadi kayu saat batang matang.

Sementara itu, batang thyme muda yang lembut tipis terutama di awal musim tanam. Seperti rosemary, batang thyme matang dengan konsistensi kayu yang rapuh.

Tanaman rosemary bisa mencapai tinggi 180 cm dan lebar 12 cm. Adapun thyme dapat tumbuh setinggi 90 cm hingga 3 meter dan lebar sekitar 3 meter.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal yang Mudah Ditanam di Dalam Ruangan

2. Hangat dan kering

Rosemary berasa dari Mediterania, dan thyme berasal dari Eropa selatan. Keduanya beradaptasi dengan baik pada cuaca panas yang kering dan cuaca dingin dingin yang lembap.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.