Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Plastik Meleleh pada Microwave

Kompas.com - 09/10/2021, 17:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menghangatkan makanan di dalam wadah plastik tahan panas dengan microwave, suhu terlalu panas bisa menyebabkan plastik meleleh. Bahkan, tutup wadah bisa mulai meleleh sebelum makanan menjadi panas.

Kondisi ini membuat microwave bau plastik meleleh dan makanan pun berisiko hangus atau terkontaminasi.

Bau plastik meleleh pada microwave pun harus segera dihilangkan agar tidak mengontaminasi makanan yang dihangatkan setelahnya.

Baca juga: 6 Manfaat Microwave Selain Memanaskan Makanan

Dikutip dari Hunker, Sabtu (9/10/2021), menghilangkan bau plastik meleleh di dalam microwave bisa dilakukan dengan mengangin-anginkan terlebih dahulu. Kemudian, bersihkan bagian dalam microwave dengan bahan alami penghilang bau, seperti cuka.

1. Membersihkan dengan uap

Membersihkan bagian dalam microwave dengan uap memiliki dua tujuan, yakni membantu menghilangkan bau plastik, serta kotoran potensial yang ditinggalkan oleh percikan makanan. Cuka adalah bahan ampuh menghilangkan bau.

Untuk membersihkan microwave dengan uap, isi setengah cangkir atau gelas tahan panas dengan air keran. Tambahkan dua sendok makan cuka putih, lalu masukkan cangkir ke dalam microwave.

Panaskan cairan selama dua hingga tiga menit, atau cukup sampai bagian dalam jendela microwave mengeluarkan uap. Biarkan pintu microwave tertutup setidaknya selama 10 menit, lalu buka.

Baca juga: Kenapa Microwave Tiba-tiba Mati? Ini Beberapa Penyebabnya

Gunakan spons dan cairan dalam gelas untuk menyeka seluruh bagian dalam microwave. Biarkan pintu microwave terbuka agar bagian dalamnya mengering.

2. Menghilangkan bau plastik meleleh pada ventilasi microwave

Jika Anda sudah membersihkan microwave dan bau baru muncul saat Anda menggunakannya, bisa jadi ventilasi microwave berbau. Perhatikan apakah baunya sama dengan bau plastik meleleh yang Anda perhatikan sebelum membersihkan microwave.

Mungkin sebagian udara yang bersirkulasi melalui ventilasi panas di microwave masih berbau plastik terbakar.

Jika baunya lebih seperti masalah listrik, atau jika microwave tidak berfungsi dengan benar, alat mungkin perlu diperbaiki atau diganti.

Halaman:
Sumber Hunker
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com