Kompas.com - 09/10/2021, 15:00 WIB
ilustrasi hati ampela ayam mentah. SHUTTERSTOCK/Gina Pamungkasilustrasi hati ampela ayam mentah.

JAKARTA, KOMPAS.com- Banyak pemilik anjing memberikan anjingnya makanan mentah karena berbagai alasan, salah satunya agar tidak kehilangan sifat alamiahnya di alam liar.

Ayam mentah adalah salah satu makanan mentah yang terkadang diberikan pemilik anjing kepada hewan peliharaannya.

Unggas mentah ini mungkin tampak lebih sehat daripada kibble olahan, tetapi dapat menyebabkan masalah serius bagi anjing yang mengonsumsinya.

Lalu, amankah memberikan makan ayam mentah untuk anjing? Melansir dari The Spurce pada Sabtu (9/10/2021) berikut ini risiko yang akan menimpa anjing peliharaan Anda jika mengonsumsi ayam mentah.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Makanan Anjing?

Infeksi salmonella

Salmonella sp. adalah penyebab keracunan makanan yang paling umum, dan terdapat pada banyak makanan yang tidak dimasak atau kurang matang, termasuk ayam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bakteri tersebut dapat ditemukan di usus atau kotoran hewan dan tidak aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, ketika kamu menyimpan ayam mentah untuk anjingmu, bakteri salmonella ini dapat menyebar ke tangan, meja, piring, peralatan makan, mangkuk anjing, dan masuk ke mulut anjing.

Jika bakteri ini kemudian masuk ke mulut seseorang atau mulut anjing dengan kadar yang cukup tinggi, maka dapat terjadi infeksi dan gejala Salmonellosis.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Kotoran Ayam

Jika bakteri ini kemudian masuk ke mulut seseorang atau mulut anjing dengan kadar yang cukup tinggi, maka dapat terjadi infeksi dan gejala Salmonellosis.

Mengabaikan infeksi bisa berakibat fatal jika anjing Anda memiliki sistem kekebalan yang buruk atau dysbiosis usus yang parah.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.