Kompas.com - 09/10/2021, 13:04 WIB
Ilustrasi penggunaan botol minum plastik. SHUTTERSTOCK/BETON STUDIOIlustrasi penggunaan botol minum plastik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Botol minum plastik baru seringkali memiliki bau yang menusuk. Meskipun bau pada botol minum plastik dapat hilang dengan sendirinya, Anda dapat mempercepat prosesnya agar bisa segera digunakan.

Dilansir dari Hunker, Sabtu (9/10/2021), ada beberapa cara menghilangkan bau pada botol plastik baru, antara lain dengan mencucinya, diangin-anginkan, atau menggunakan bahan penyerap bau alami. Cara yang sama juga dapat dilakukan pada botol minum plastik lama.

Berikut beberapa cara menghilangkan bau pada botol minum plastik baru yang dapat Anda praktikkan dengan mudah.

Baca juga: Trik Membersihkan Botol Minum Plastik agar Terlihat Seperti Baru

Ilustrasi botol minum plastik. PEXELS/ALEX AZABACHE Ilustrasi botol minum plastik.

1. Mencuci botol minum plastik

Pertama, bilas bagian dalam botol minum plastik baru dengan air. Kemudian, cuci dengan sabun cuci piring.

Gunakan serbet untuk mengelap bagian dalam dan luar botol minum plastik baru. Jika Anda tidak dapat menjangkau dengan kain di dalam benda sempit seperti botol minum plastik, isi setengah bagian botol dengan air sabun.

Letakkan tutupnya di atasnya, atau letakkan tangan Anda di atasnya dan kocok kuat-kuat sebentar saja. Bilas dengan air sabun, lalu biarkan mengering.

Apabila botol minum plastik masih sedikit berbau, isi sebagian dengan cuka putih dan biarkan cuka selama beberapa menit atau bahkan semalaman. Buang cuka dan bilas, lalu keringkan.

Baca juga: Ini Cara Membersihkan Botol yang Berbau

2. Diangin-anginkan

Seringkali bau pada botol minum plastik baru tidak langsung hilang. Jika ini yang terjadi, angin-anginkan botol minum plastik Anda di luar ruangan dengan kondisi tutupnya dilepas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.