Kompas.com - 15/05/2021, 16:44 WIB
Ilustrasi noda pada pakaian. SHUTTERSTOCK/THAMKCIlustrasi noda pada pakaian.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan makan bersama keluarga, dan biasanya hidangan yang disajikan adalah opor ayam. Hidangan opor ayam ini memiliki warna kuning khas, salah satunya berasal dari kunyit. 

Namun, opor ayam yang tumpah akan meninggalkan bekas yang sulit dibersihkan ketika terkena pakaian atau kain, terlebih jika memiliki warna putih.

Lantas, apakah warna kuning dari opor ayam ini bisa dibersihkan? Dilansir dari The Spruce Eats, Sabtu (15/5/2021), berikut cara membersihkannya.

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda di Sarung Bantal Sofa Berbahan Kanvas

Membersihkan noda kunyit pada pakaian dan linen

Ketika menyadari ada tumpahan opor ayam di linen atau pakaian, hal yang harus dilakukan adalah Anda harus menangani noda tersebut sebelum sempat mengering.

Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.SHUTTERSTOCK/DUANGJAN J Ilustrasi mencuci pakaian dengan tangan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti kebanyakan noda, air panas akan menyebabkannya mengeras dan harus dihindari untuk proses pembersihannya, dan sebaliknya, gunakan air dingin dan sabun atau deterjen untuk membersihkannya.

Yang perlu diketahui, lebih baik bubuhkan deterjen ke area bernoda daripada menggosoknya.

Jika Anda berada di restoran atau di suatu tempat tanpa akses ke deterjen, mintalah lemon dan oleskan lemon tersebut ke noda selama 15 menit, lalu bilas.

Baca juga: Cara Bersihkan Noda Minyak pada Wajan dan Panci Bekas Sajian Lebaran

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan es batu ke noda jika pakaian masih dalam keadaan dipakai.

Jika pakaian tahan terhadap pemutih, merendam dengan larutan pemutih ringan adalah cara terbaik untuk menghilangkan noda.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X