Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2021, 17:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda bekerja dari rumah, memiliki ruang kerja adalah suatu keharusan. Namun, tidak semua orang memiliki anggaran cukup untuk membuat ruang kerja di rumah.

Dilansir dari Apartment Therapy, Minggu (3/10/2021), Anda dapat membuat ruangan kerja dengan memanfaatkan area yang ada seperti ruang tamu. Berikut ini beberapa ide merancang  ruang kerja di rumah, tepatnya di ruang tamu.  

Baca juga: 5 Jenis Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Kerja Tanpa Ventilasi 

Letakkan di belakang sofa

Jika ruang tamutidak memiliki banyak ruang untuk dijadikan ruang kerja, Anda dapat meletakkan meja kecil di belakang sofa untuk ruang kerja.

Kemudian, letakkan karpet kecil di bawahnya dan tambahkan lampu meja untuk membuat ruangan terasa sedikit terpisah dari ruangan lainnya.

Untuk membantu menyatu dengan ruang, Anda dapat melapisi meja dengan lebih banyak furnitur. Misalnya, Anda dapat menambahkan lemari kaca di belakang meja dan memberi ruang beberapa dimensi. 

Baca juga: 6 Tips Menata Ruang Kerja untuk Meningkatkan Karier Menurut Feng Shui 

Buat kubikel darurat

Buat ruang kantor terpisah dari ruang tamu dengan membuat "dinding" dengan meja. Letakkan meja secara tegak lurus dengan sofa dan sejajar dengan kursi

Hal ini akan menciptakan meja berbentuk L juga membantu membatasi ruang kerja.  

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Kerja yang Nyaman dan Produktif

Menghadap dinding

Jika ruang tamu cukup sempit, Anda dapat menunjuk satu dinding penuh untuk ruang kerja di rumah. Ini akan menciptakan garis yang bersih dan tidak terputus di dalam ruangan.

Ruang itu jelas akan menjadi ruang tamu, tetapi satu dinding akan ditata dengan rapi sebagai ruang kerja.

Untuk mencapai hal ini, buatlah meja dan lemari menghadap ke dinding. Sedangkan, untuk menyeimbangkan tampilan, gunakan rak apung di atasnya guna meletakkan berbagai barang kecil. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Kerja Berdasarkan Zodiak 

Manfaatkan sudut

Dengan memanfaatkan sudut di ruang tamu, Anda bisa mendapatkan ruang kerja mini yang nyaman. Rak apung sangat cocok dengan ceruk, berfungsi sebagai meja kerja, serta membuat ruang terasa terpisah dengan ruang tamu. 

Baca juga: 4 Inspirasi Ruang Kerja yang Nyaman dan Menari 

Tempelkan ke sudut

Cara mudah memisahkan ruang kerja dari sisa ruang tamu adalah meletakkannya di sudut ruangan. Letakkan meja di sudut jauh di samping jendela. 

Namun, berhati-hatilah memilih meja dan kursi yang sesuai dengan gaya ruangan lainnya. Anda dapat menyatukan "kantor" dengan ruang tamu dengan bantuan dinding galeri. 

Baca juga: 5 Pengaturan Cahaya di Ruang Kerja agar Makin Produktif Saat WFH 

Manfaatkan rak buku sebagai partisi

Anda dapat memanfaatkan rak buku sebagai partisi untuk memisahkan ruang tamu dan ruang kerja sehingga mendapatkan dua fungsi, yakni rak buku sebagai furnitur dan partisi pembeda ruang. 

Manfaatkan ceruk dinding

Jika memiliki ruang tamu dengan dinding enam inci yang menjorok keluar dan sedikit membagi ruangan, manfaatkan jeda itu. Tempatkan meja di sana dan bagilah ruangan antara ruang tamu dan ruang kerja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com