Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Mitos, Ini 3 Manfaat Tanaman di Ruang Kerja

Kompas.com - 24/06/2021, 11:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menjadikan ruangan semakin hijau, namun faktanya tanaman memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, bahkan dapat meningkatkan produktivitas seseorang.

Dilansir dari The Spruce, Kamis (24/6/2021), sebuah penelitian dari American Psychological Association menunjukkan bahwa Anda benar-benar bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan sekitar 10 hingga 15 persen lebih banyak, ketika dikelilingi oleh tanaman.

Berikut tiga alasan mengapa meletakkan tanaman di ruang kerja bisa meningkatkan produktivitas.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Mampu Mempercantik Ruang Kerja di Rumah

Warna hijau sangat menenangkan

Ya, kedengarannya sangat sederhana, tetapi sains mendukungnya. Itu sebabnya Anda melihat hijau di banyak logo restoran, mengapa ada tanaman di banyak restoran, kantor medis, dan tempat serupa.

Tanaman di tempat kerja dapat meningkatkan produktivitas karena membawa alam ke dalam lingkungan teknologi seperti kantor dapat sangat berdampak positif bagi individu di sekitarnya.

Tanaman juga dapat meningkatkan suasana hati orang-orang di sekitarnya menjadi lebih baik, oleh karena itu, hijau dianggap oleh psikolog warna sebagai salah satu nuansa paling menenangkan yang ada.

Di samping itu, menggabungkan tanaman hijau ke dalam ruang kerja Anda dapat menjadi langkah positif.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Ruang Kerja di Rumah, Tidak Perlu Luas

Selain meningkatkan emosi orang-orang di sekitar mereka, hal itu juga memungkinkan kreativitas mengalir dan memungkinkan orang menjadi lebih kreatif.

Pada dasarnya, ini menunjukkan bahwa melihat alam, bahkan hanya gambar alam dapat menggeser otak ke mode pemrosesan yang berbeda, membuat karyawan merasa lebih santai dan lebih mampu berkonsentrasi.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com