Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2021, 19:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di rumah yang sama selama bertahun-tahun, tak jarang membuat bosan dengan dekorasi atau desain yang ada.

Entah itu, warna cat, furnitur, serta tata letak.  Akat tetapi, untuk mendekorasi ulang seluruh ruangan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Melansir dari Real Simple, Selasa (28/9/2021), ada beberapa cara mudah dan kreatif yang dapat mengubah tampilan ruangan tampak seperti baru. Berikut ini cara mendekorasi ruangan agar tampak baru. 

Baca juga: Tahapan Mendekorasi Ruangan untuk Nuansa yang Berbeda

Garis lurus

Seorang desainer Natalie Papier memberikan ide dekorasi yang berani dengan mengecat garis lurus plafon menggunakan warna-warna yang sedikit terang seperti oranye yang lembut atau skema warna yang sama dengan furnitur yang ada di ruangan tersebut.

Gunakan dua gradasi warna

Untuk memberikan perbedaan yang besar pada ruangan, Anda dapat menggunakan dua warna pada permukaan dinding.

Buat garis horizontal sepanjang dinding dan berikan dua gradasi warna yang sama. Hal ini akan memberi efek dramatis pada ruangan.

Pertimbangkan untuk menciptakan efek serupa di ruangan menggunakan nuansa biru atau abu-abu. 

Baca juga: Kekurangan Mendekorasi Ruangan dengan Batu Bata Ekspos

Wallpaper bunga

Ingin memberikan nuansa berbeda dalam kamar tidur? Gunakan wallpaper bertemakan bunga hanya pada bagian atas dinding dan membiarkan panel dinding bagian bawah berwarna putih.

Saat mendekorasi dengan pola yang berpotensi memenuhi ruangan, pertimbangkan menutupi bagian atas saja dan biarkan area di bawah berwarna solid. 

Baca juga: Jangan Asal, Ini Aturan Mendekorasi Ruangan dengan Karpet 

Karya seni di depan rak buku

Untuk dinding yang tidak memerlukan kuas cat atau memasang wallpaper apa pun, Anda dapat meletakkan karya seni di depan rak buku pada ruang kerja.

Detail ini membuat ruangan terasa berlapis dan menambah kedalaman ruang. 

Baca juga: 5 Kesalahan Tata Letak Saat Mendekorasi Ruangan Menurut Feng Shui

Oasis luar ruangan

Untuk mengubah teras tertutup menjadi ruangan lain di rumah, desainer Eduardo Rodriguez membawa beberapa elemen dekorasi ke luar ruangan.

Mulai dari, karpet tahan cuaca yang nyaman, meja konsol untuk penyimpanan, dan detail dekoratif. Penambahan kursi luar gantung juga dapat menjadi pilihan yang bagus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com