Kompas.com - 28/09/2021, 13:02 WIB
Petugas Suku Dinas  Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menyuntik 85 Hewan Penular Rabies (HPR). Dok. Sudin Komunikasi, Informasi dan Statistika Jakarta SelatanPetugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan menyuntik 85 Hewan Penular Rabies (HPR).

JAKARTA, KOMPAS.com-- Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day diperingati setiap tanggal 28 September. Tahun ini Hari Rabies Sedunia mengangkat tema “Rabies: Fakta, bukan Ketakutan”.

Terkait peringatan hari ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengajak masyarakat untuk memahami penyakit ini agar bisa melakukan pencegahan dan terhindar dari kesalahpahaman.

"Untuk rabies, ini bukanlah hal baru, karena ketakutan, kesalahpahaman, dan informasi yang salah tentang penyakit ini dan pencegahannya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Untuk itu, tema tahun ini difokuskan pada berbagi fakta tentang rabies, dan tidak menyebarkan ketakutan akan penyakit tersebut dengan mengandalkan informasi dan mitos yang salah," demikian dikutip dari laman WHO, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: Hari Rabies Sedunia, Kenali Penyakitnya dan Vaksin Hewannya

WHO menambahkan bahwa meningkatkan kesadaran masyaraat akan penyakit ini sangatlah penting. Karena sebenarnya penyakit rabies 100 persen bisa dicegah dengan melakukan vaksinasi pada populasi hewan.

"Kata “fear” memiliki tiga arti dalam tema tahun ini. Pertama, berkaitan dengan ketakutan umum yang disebabkan oleh rabies, ketakutan yang dialami orang-orang ketika bertemu hewan rabies, dan ketakutan bahwa orang-orang tinggal di komunitas yang terjangkit rabies," demikian kutipan dari WHO.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Makna kedua berhubungan langsung dengan gejala ketakutan yang mungkin dialami orang ketika terinfeksi rabies. Terakhir, ketakutan berkaitan dengan ketakutan yang disebabkan oleh 'berita palsu' atau mitos tentang rabies – membuat orang takut akan vaksinasi, membuat orang takut untuk mensterilkan atau memvaksinasi hewan mereka, dan membuat orang percaya pada pengobatan yang tidak efektif untuk penyakit tersebut," lanjutnya.

Tema tema “Rabies: Fakta, bukan Ketakutan” sendiri diangkat agar masyarkat dapat berpartisipasi dengan cara yang berbeda sehingga Hari Rabies Sedunia bisa diikuti oleh semua lapisan masyarakat. 

Baca juga: Bisakah Kucing Terkena Rabies? Ini Penjelasan dan Gejalanya

Berikut adalah beberapa ide dan saran yang bisa kamu pertimbangkan saat merencanakan acara Hari Rabies Sedunia menurut WHO:

  • Pelajari fakta, bukan ketakutan: Didiklah diri sendiri dan bagikan pengetahuanmu dengan orang lain. Kamu dapat menjadi pendidik rabies bersertifikat dengan Sertifikat Pendidik

Halaman:


Sumber WHO
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.