Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mendekorasi Ruangan dengan Biaya Minim Tanpa Mengurangi Kualitas

Kompas.com - 02/08/2021, 13:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber LivSpace

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar pemilik rumah berpikir bahwa mendekorasi ruangan atau rumah akan menghabiskan banyak biaya. Namun, sebenarnya, desain yang baik adalah tentang menjadi cerdik dan tidak boros.

Seperti dilansir dari Livspace, Senin (2/8/2021), ada beberapa tips mendekorasi ruangan dengan biaya minim tanpa mengurangi kualitasnya seperti berikut ini. 

Baca juga: 5 Kesalahan Tata Letak Saat Mendekorasi Ruangan Menurut Feng Shui

Gunakan wallpaper

Meski penggunaan cat sebagai penutup dinding merupakan cara yang paling populer, tetapi Anda bisa menggunakan wallpaper untuk memberikan tampilan visual yang sama dengan harga lebih terjangkau.

Disarankan menambahkan wallpaper ke ruang minimal untuk tampilan yang cantik. Walau cat biasa lebih murah daripada wallpaper, cat tekstur yang biasanya digunakan untuk dinding fitur jauh lebih mahal dibanding wallpaper

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mendekorasi Ruangan

Pemisah ruangan 

Tata letak terbuka kini sangat populer. Untuk menyatukan fungsi dan estetika tanpa biaya mahal, Anda dapat menggunakan partisi sebagai pemisah antara ruang satu dan ruang lainnya.

Pilih jenis partisi yang sesuai dengan desain interior ruangan. Jika menginginkan ruangan lebih besar dan terang, gunakan partisi berbahan kaca. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Ruangan Kecil 

Penyimpanan di dapur 

Untuk mempercantik dapur tanpa biaya mahal, Anda dapat menggunakan keranjang anyaman guna menyimpan sayuran, buah-buahan, dan sebagainya.

Dengan cara ini, Anda tidak memerlukan laci atau rak tambahan yang mengharuskan mengeluarkan biaya lebih serta mempersempit ruangan.  

Baca juga: 5 Trik Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias

Lantai laminasi kayu 

Lantai kayu asli dapat menampilkan ruangan yang semakin hangat dan cantik, tetapi harganya akan membebani kantong.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan lantai laminasi kayu yang akan menampilkan nuansa kayu seperti aslinya serta tentunya lebih menghemat biaya. 

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruangan yang Dapat Mengubah Suasana

Furnitur multifungsi 

Untuk memangkas biaya dalam pembelian furnitur, Anda dapat menggunakan furnitur multifungsi. Tak hanya menghemat biaya, tetapi juga menghemat ruang sehingga ruangan tampak luas.

Misalnya, memilih meja kopi yang memiliki penyimpanan di bagian bawahnya atau kursi yang memiliki penyimpanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber LivSpace
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com