Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Ukuran Keramik untuk Setiap Area di Kamar Mandi

Kompas.com - 10/09/2021, 18:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu manfaat menggunakan keramik untuk kamar mandi adalah fleksibilitas.

Keramik dan porselen tersedia dalam berbagai ukuran, dari ubin mosaik kecil hingga ubin format besar sebesar 35 x 75 sentimeter. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Keramik 3D untuk Dinding dan Lantai Kamar Mandi

Ini memberi Anda berbagai kemungkinan saat meletakkan keramik untuk lantai kamar mandi, dinding, serta sekeliling shower dan bak mandi. 

Namun, dilansir dari The Spruce, Jumat (10/9/2021), tidak semua ukuran keramik bisa digunakan untuk kamar mandi.  Berikut ini ukuran keramik untuk setiap area di kamar mandi. 

Baca juga: Cara Memilih Warna Keramik untuk Kamar Mandi 

Ukuran keramik lantai kamar mandi 

Untuk lantai kamar mandi, umumnya Anda dapat memilih keramik berukuran lebih kecil, dari 10 x 10 sentimeter hingga keramik mosaik berukuran 2 x 2 sentimeter.

Memiliki keramik yang cukup kecil memudahkan pemasang keramik saat meletakkan mortar bed dan dapat membentuk kontur yang lembut sehingga lantai akan terpasang dan air akan bergerak dengan benar menuju saluran pembuangan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Awet dan Higienis

Keramik ukuran yang lebih kecil juga bekerja lebih baik untuk lantai kamar mandi karena menciptakan peluang cengkeraman yang lebih baik untuk kaki.

Keramik berukuran lebih kecil berarti bahwa pemasang harus memasukkan lebih banyak jahitan di antara keramik. Dengan demikian, lebih banyak nat yang diletakkan di antara keramik tersebut.

Garis nat dapat memberikan gesekan yang sangat dibutuhkan saat kaki bergerak di lantai yang basah. 

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Lantai Keramik 

Ukuran keramik dinding shower 

Untuk dinding shower sedang hingga besar, umumnya yang terbaik adalah menggunakan keramik yang lebih besar, dari 10 x 10 sentimeter.

Dari sudut pandang visual, keramik yang lebih kecil menciptakan tampilan penuh dan sulit dibersihkan.

Sementara itu, keramik format besar berukuran 75 sentimeter biasanya merupakan ukuran maksimum untuk bak mandi ceruk karena ruang tersebut dibatasi pada panjang 1,5 meter.

Jika menggunakan keramik lebih besar, Anda harus memotongnya. Lebih mudah dan lebih ekonomis untuk membeli keramik  yang sesuai dengan ruang tersebut.  

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Keramik yang Bernoda Kuning dan Kusam 

Ukuran keramik untuk lantai shower?

Sedangkan, untuk keramik lantai shower dengan kamar mandi kecil, gunakan keramik mosaik berukuran dua sentimeter. Untuk dinding, pertahankan keramik kotak berukuran dua sentimeter hingga 25 sentimeter persegi.

Jika Anda ingin memiliki keramik format besar di kamar mandi, pertama-tama hitung luas kamar mandi. Ini akan membantu Anda menentukan berapa banyak keramik ukuran penuh yang akan didapatkan. 

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Membersihkan Nat Keramik yang Kotor

Salah satu contoh tata letak yang baik untuk keramik format besar di kamar mandi kecil adalah empat keramik di sepanjang kamar mandi.

Kurang dari tiga keramik bisa terlihat canggung, terutama jika perlu memotong salah satu keramik ini.

Baca juga: Cara Menghilangkan Berbagai Noda pada Keramik Putih 

Ukuran keramik dinding kamar mandi 

Sementara itu, dinding kamar mandi ukuran kecil biasanya terlihat paling baik dengan keramik di atas ukuran 10 x 10 sentimeter karena dinding kamar mandi bisa lebih panjang dari tingginya.

Keramik dengan tinggi 30 sentimeter dan panjang 60 sentimeter bekerja dengan baik jika Anda menginginkan keramik berukuran lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com