Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Alasan Berhenti Memakai Warna Emas dan Perak di Rumah Menurut Ahli

Kompas.com - 10/09/2021, 15:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna emas dan perak atau silver tampaknya menjadi pilihan glamor. Namun, akhir-akhir ini, beberapa desainer interior mendorong klien mereka untuk menjauh dari kedua warna tersebut. 

Sejumlah desainer profesional menyebut tidak merasakan sentuhan dari aksen emas dan perak. Selain itu, menganggap warna logam ini dingin, tidak menarik, serta sulit dipertahankan. 

Baca juga: Tips Membersihkan Perhiasan Emas dan Perak, Bisa Pakai Sabun Cuci Piring

Karena itu, mereka menyarankan untuk tidak mengaplikasikan kedua warna ini pada rumah Anda. 

Melansir dari lama The Spruce, Jumat (10/9/2021), berikut ini empat alasan untuk berhenti memakai warna emas dan perak di rumah menurut desainer interior.  

Baca juga: 6 Inspirasi Warna Dinding Aksen untuk Setiap Ruangan 

Tidak mengundang

Kita semua ingin rumah menjadi ramah dan penuh kehidupan. Namun, menurut desainer Rozit Arditi, menggunakan warna emas dan perak bukanlah cara untuk mencapai estetika yang diinginkan.

“Saya menemukan aksen perak dan logam bisa menjadi dingin dan tidak menarik di rumah,” katanya. 

Baca juga: 5 Cara Menyatukan Skema Warna pada setiap Ruangan

Senada dengan Arditi, desainer Kim Armstrong mengatakan desainer telah berhenti menggunakan perak dan emas karena tidak memberikan kedalaman yang cukup pada ruangan dan dapat membaca dengan sangat dingin.

Arditi menjelaskan, saat mengakses sebuah ruangan, ia cenderung menggunakan bahan yang lebih alami seperti kayu, batu, dan aksen kaca berwarna untuk kehangatan dan kedalamannya. "Mencampur dan mencocokkan elemen kaya ini adalah kuncinya!."  

Baca juga: Warna Cat dan Ide Dekorasi yang Membuat Suasana Hati Lebih Tenang

Terlihat umum

Tidak ada yang lebih buruk dari membuat pengaturan di rumah yang entah bagaimana mengingatkan pada sebuah department store.

Armstrong mencatat bahwa warna emas dan perak terlihat sangat jelas pada ritel besar. Kunci menciptakan desain yang unggul adalah memilih lebih banyak variasi. 

Baca juga: Sedang Mencari Warna Cat? Ikuti Tips Psikologi Ini

“Kami ingin menggabungkan minimal tiga warna ke dalam konsep desain dan memperkenalkan tekstur dan bahan yang cukup ke ruangan untuk membuat desain berlapis serta dikuratori dengan baik,” jelas Armstrong.

Namun, kata Armstrong, bukan berarti tidak menggunakan warna emas dan perak. Ia suka menggunakan perak dan emas dan mencampur perak dalam desain kami, tapichanya sebagai warna aksen, bukan dasar dari konsep desain. "Jadi intinya, moderasi adalah kuncinya!."  

Baca juga: 3 Tips Memilih Warna Gorden untuk Mempercantik Ruangan

Trendi dan mencolok

Desainer Brittany Hafimfar mengatakan tmpilan glamour kurang populer akhir-akhir ini. “Saya pikir desainer lebih condong ke material yang bersahaja dan organik daripada emas dan perak yang mencolok,” jelasnya.

Hafimfar menjelaskan, orang-orang menginginkan interior yang tak lekang oleh waktu serta bertekstur yang terasa layak huni dan indah pada saat yang bersamaan.

"Di luar adalah rumah-rumah modern yang mencolok dengan aksen emas dan di dalamnya ada sentuhan akhir yang lebih abadi seperti perunggu yang dihitamkan dan logam yang tidak dipernis.” 

Baca juga: 4 Perpaduan Warna Terbaik untuk Dapur Menurut Desainer Interior

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com