Kompas.com - 10/09/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi kamar tidur anak. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar tidur anak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bermain atau kamar tidur anak harus menjadi ruang yang menyenangkan dan senyaman mungkin. Untuk mendekorasi kamar anak yang nyaman dan aman, kabel yang menjuntai, perabotan rumit, ujung yang tajam sebaiknya dijauhkan.

Melansir dari Times of India, Jumat (10/9/2021), ada juga beberapa hal tambahan yang sebaiknya dihindari di dalam kamar tidur atau ruang bermain anak, seperti berikut ini.

Mainan keras dan figur aksi

Apa yang diinginkan setiap anak untuk tumbuh dewasa adalah mainan keras yang mengeluarkan suara. Namun, itu bukan mainan yang akan menjadi yang teratas dalam daftar mainan yang paling direkomendasikan oleh dokter anak.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Kamar Mandi Anak yang Nyaman dan Instagramable

Alasannya? Mainan yang sangat keras sebenarnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran, terutama untuk bayi kecil.

Bahkan, sebuah studi yang dilakukan oleh Sight and Hearing Association juga menemukan bahwa ada beberapa mainan populer yang mampu menyebabkan kerusakan pendengaran dalam waktu 15 menit penggunaan. Jadi, cobalah dan gunakan mainan yang tidak terlalu berisik.

Perabotan berat dan tidak stabil

Perabotan yang tidak diikat atau dipasang di dinding tidak boleh ada di kamar anak. Para ahli merekomendasikan bahwa segala jenis furnitur berat-meja, tempat tidur, kursi yang tidak stabil dapat dengan mudah digulingkan oleh anak dan menyebabkan cedera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gantungan, sudut longgar atau finishing kayu yang buruk juga bisa menjadi hal buruk jika langsung terkena kontak dengan anak.

Baca juga: 9 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Harus Dihindari

Demikian pula, beberapa juga bervariasi memasang karya seni yang berat, cermin dan barang pecah belah lainnya di kamar anak. Jika bisa, gunakan braket tambahan yang akan membuat kecil kemungkinannya untuk patah atau terjatuh.

Jendela dengan tali panjang

Jendela memungkinkan udara segar dan sinar matahari masuk ke dalam ruangan, tetapi dapat dengan cepat berubah menjadi bahaya bagi anak Anda, jika dibiarkan tanpa pengawasan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.