Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Perpaduan Warna Terbaik untuk Dapur Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 05/09/2021, 14:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna netral pada dapur dulu tampaknya menjadi gaya yang dominan. Namun, akhir-akhir ini, tren desain mulai berkembang untuk memasukkan warna-warna berani ke jantung rumah tersebut. 

Hal ini membuka dunia palet warna dapur yang sama sekali baru, dari lemari atau kabinet dapur yang berwarna cerah seperti biru, warna aksen yang berani, kulkas berwarna pink, hingga segala aksesoris menjadi jauh lebih semarak. 

Melansir dari My Domaine, Minggu (5/9/2021), beberapa desainer interior pun membagikan skema dan perpaduan warna yang cocok serta dapat membuat dapur tampak cantik dan mewah. 

Baca juga: 7 Kesalahan Umum Desain Dapur yang Harus Dihindari 

Hijau + putih

Desainer huit Tania Casill mendekorasi dapur menggunakan warna gelap dan moody tanpa membebani ruang.

Plafon dapur yang luas dan dinding di sekitarnya dicat putih cerah sehingga membuat kabinet bawah dan meja island pulau untuk memancarkan tampilan yang lebih menarik. "Kami ingin meja island menjadi pusat area hiburan," kata Casill. 

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Dapur

Casill memilih warna hijau jenuh (Benjamin Moore's Tarrytown Green) untuk menjangkar ruang dan menambahkan kuarsa putih, rel kaki kuningan, dan aksen kayu untuk melengkapi rasa nyaman. 

Tak lupa, ia juga meletakkan karpet merah cerah untuk melengkapi tampilan. Ini membuktikan bahwa merah dan hijau adalah kombinasi warna klasik yang tetap bisa tampil modern.  

Baca juga: Ide Desain Dapur Minimalis Bergaya Jepang, Bersih dan Rapi 

Navu blue + hitam + emas

Lemari dapur biru tidak diragukan lagi merupakan salah satu tren terbesar dalam lima tahun terakhir. Namun, karena warnanya sangat serbaguna dan beragam, selalu ada cara baru untuk membuat palet ini berfungsi.

Desainer Jewel Marlowe melakukan perombakan dapur di rumahnya sendiri. Ia beralih ke kombinasi ketiga warna favorit ini dengan sentuhan unik. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Herbisida dari Bahan yang Ada di Dapur

Navy blue dan emas klasik mendapat kejutan baru dengan grafis hitam dan putih yang bercampur. "Meja island Bentley Cambria yang dramatis adalah tempat kami menghabiskan waktu makan camilan, mengerjakan pekerjaan rumah, dan menyiapkan makanan," ucap Marlowe.

Alih-alih membiarkan kulkas menyatu dengan warna lemari, Marlowe justru memilih kulkas hitam matte yang elegan— membuktikan bahwa warna biru dan hitam harus digunakan bersama-sama.  

Baca juga: 5 Aturan yang Perlu Diterapkan Saat Menata dan Mendesain Dapur 

Kayu + putih

Desainer Lindye Galloway mengubah palet warna yang lembut menjadi sesuatu yang benar-benar memukau di dapur. Ia menggunakan tekstur untuk menambahkan kedalaman dan minat pada skema yang sebagian besar berwarna netral.

"Kami mendesain dapur ini dengan perhatian pada bentuk dan fungsi," jelas Galloway. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Dapur Sempit Selalu Rapi Menurut Marie Kondo

Galloway memilih kabinet dapur berwarna kayu, yang memberi semburan warna nyata di dapur. Ia juga menggunakan elemen desain yang menarik perhatian.

Keramik berwarna netral dalam pola herringbone memberikan pola dan variasi yang halus ke dinding, sementara kabinet dan lemari kayu yang hangat memberikan tampilan yang menakjubkan. 

Baca juga: Tips Membersihkan Noda Minyak pada Lemari Dapur 

Halaman:
Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com