Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Warna Keramik untuk Kamar Mandi

Kompas.com - 10/09/2021, 17:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memilih keramik lantai dan dinding kamar mandi, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, salah satunya jenis keramik.

Pemilihan keramik yang tepat tak hanya dapat memberikan efek berbeda pada kamar mandi, tapi juga menyempurnakan tampilan kamar mandi. Hal ini terkait dengan pemilihan warna keramik. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Keramik 3D untuk Dinding dan Lantai Kamar Mandi

Seperti dilansir dari Architecture and Design, Jumat (10/9/2021), sebagian besar pilihan warna keramik pada kamar mandi tergantung pada selera pribadi.

Namun, hal yang patut diketahui adalah keramik lantai kamar mandi yang gelap bagus untuk menyembunyikan noda dan kotoran.

Namun, sisi buruknya adalah warna gelap dapat menyebabkan kamar mandi lebih sesak dan kecil. Sebaliknya, warna netral dapat memberikan kesan luas dan sering direkomendasikan sebagai untuk lantai kamar mandi kecil

Baca juga: 5 Pilihan Keramik Lantai Kamar Mandi yang Antilicin

Tak hanya itu, warna keramik netral juga direkomendasikan untuk kamar mandi yang tidak mendapatkan banyak cahaya alami.

Sayangnya, keramik berwarna netral dan terang dapat menonjolkan noda dan membutuhkan banyak perhatian. 

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Kamar Mandi Anak yang Nyaman dan Instagramable 

Melihat contoh keramik

Sebelum membuat pilihan akhir, sebaiknya bawa pulang contoh keramik sebelum membeli. Dengan membawa contohnya, dapat melihat apakah keramik tersebut cocok diletakkan di kamar mandi rumah Anda. 

Selain itu, tata letaknya yang unik serta pencahayaan juga menjadi beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan keramik kamar mandi.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Berbagai Noda pada Keramik Putih

Ukuran keramik juga tak kalah penting diperhatikan. Keramik berukuran besar direkomendasikan untuk kamar mandi dengan langit-langit tinggi dan banyak cahaya.

Tak hanya itu, lantaran memiliki sambungan nat yang lebih sedikit, keramik besar dapat membuat kamar mandi kecil terlihat lebih luas.

Sementara itu, keramik yang lebih kecil paling cocok untuk ruangan dengan banyak sudut dan lekukan.   

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Keramik yang Bernoda Kuning dan Kusam

Mix and match 

Lantas, apakah Anda harus mencocokan keramik lantai dan dinding? Untuk hal ini, tidak ada aturannya karena tergantung selera masing-masing.

Anda dapat mengambil bagian kontras saja. Misalnya, menyamakan warna keramik dinding dan langit-langit, tetapi memilih bentuk, ukuran, atau jenisnya yang lebih unik. 

Baca juga: Antilicin, Ini 8 Pilihan Keramik Lantai Dapur Terbaik

Terlepas dari pilihannya, penting untuk diingat kembali bahwa keramik lantai membutuhkan tingkat ketahanan kerusakan dan ketahanan slip yang lebih tinggi daripada keramik dinding.

Keramik lantai kamar mandi nonslip adalah satu-satunya pilihan yang baik untuk kamar mandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com