Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2021, 17:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing merupakan salah satu hewan cerdas di dunia. Namun, kecerdasan anjing tidak diperoleh begitu saja. 

Salah satu cara agar anjing menjadi cerdas adalah dengan melatihnya. Seperti diketahui, anjing adalah salah satu hewan yang mudah dilatih seperti duduk, berdiri, berlari, dan mengambil sesuatu. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Bahayanya Jika Anjing Memakan Bawang

Dengan mengajari anjing beberapa hal, tidak hanya bermanfaat untuk motorik anjing, tetapi juga perilaku anjing. Anjing menjadi patuh kepada pemiliknya dan tidak bersikap agresif. 

Nah, berikut ini cara melatih anjing agar cerdas dan patuh seperti dilansir dari laman The Spruce Pets, Senin (30/8/2021).  

Baca juga: 5 Benda yang Tidak Boleh Dikunyah Anjing

Berikan ciuman

Melatih anjing untuk mencium adalah salah satu trik mudah yang dapat diajarkan kepada anjing. Meski tidak semua orang menyukai ciuman anjing yang basah, trik latihan ini biasanya cocok untuk diajarkan pada anak anjing

Sebagai cara, berikan camilan pada pipi Anda dan peritah agar anjing mau melakukannya. 

Baca juga: 8 Jenis Anjing yang Bisa Dipelihara Bersama Kucing

 

Berbicara

Melatih anjing untuk berbicara adalah hal yang menyenangkan dan membantu memecahkan masalah perilaku umum.

Banyak pelatih anjing menyarankan untuk menggunakan perintah 'bicara' dan 'diam' untuk menghentikan gonggongan yang berlebihan.

Dengan melatih anjing berbicara, memungkinkan anjing hanya menggonggong dalam situasi tertentu serta memungkinkan Anda untuk memiliki kendali atas kapan gonggongan harus dimulai dan berhenti. 

Baca juga: Bolehkah Anjing Mengonsumsi Makanan Kucing? 

Melambai

Melatih anjing untuk melambaikan tangan atau mengucapkan selamat tinggal adalah salah trik sederhana yang dapat diajarkan pada anjing.

Mulailah dengan melatih anjing untuk menggoyangkan kakinya. Anda juga perlu melakukan tindakan yang sama, misalnya melambaikan tangan, agar anjing mau mengangkat cakarnya untuk melambai. 

Baca juga: 5 Jenis Anjing Peliharaan yang Mirip Serigala

Mengemis atau memohon 

Perilaku anjing satu ini membuat setiap pemilik yang melihatnya bakal tertawa dan tak tega. Posisi mengemis atau memohon adalah saat anjing duduk dengan kaki belakangnya dengan cakarnya ke atas untuk meminta hadiah.

Trik satu ini mungkin sedikit lebih sulit dibanding trik lainnya untuk diajarkan pada anjing, tetapi dengan sedikit kesabaran, anjing akan segera duduk untuk mengemis. 

Baca juga: 10 Ras Anjing Bertubuh Besar yang Mudah Dilatih

Berputar

Kebanyakan orang melatih anjing untuk berguling di beberapa bagian kecil dan berusaha keras untuk membuat anjing berguling sepanjang jalan.

Mungkin perlu upaya untuk melatih anjing melakukan trik latihan, tetapi itu sangat berharga serta menyenangkan bagi anjing. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com