Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/08/2021, 08:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk memelihara anjing. Selain ras, bentuk dan ukuran tubuh, perilaku anjing pun sebaiknya masuk dalam pertimbangan.

Salah satunya adalah perilaku anjing yang patuh pada pemiliknya. Beberapa ras anjing dikenal sangat patuh, selalu mengikuti perintah pemiliknya, dan tidak suka membuat onar.

Dilansir dari The Scotsman, Sabtu (21/8/2021), psikolog Stanley Coren pernah menulis sebuah buku berjudul The Intelligence of Dogs. Buku ini memberikan penilaian terkait kecerdasan anjing berdasarkan rasnya, termasuk dengan melihat seberapa patuh mereka.

Baca juga: Cara Melatih Anak Anjing agar Tidak Terus Menggonggong

Hasilnya, berikut 10 ras anjing yang paling patuh kepada pemiliknya.

Ilustrasi anjing Border Collie. PIXABAY/SOLOSTAR Ilustrasi anjing Border Collie.

1. Border Collie

Anjing terbaik dalam hal kepatuhan adalah Border Collie yang lincah. Namun, anjing ini memang membutuhkan banyak latihan, jadi bukan hewan peliharaan yang sempurna untuk semua orang.

2. Pudel

Jenis anjing kedua yang paling patuh adalah pudel. Agar berada di tingkat kepatuhan tertinggi, seekor anjing harus mendengarkan perintah pemiliknya pada percobaan pertama setidaknya 95 persen dari waktu latihan

3. German Shepherd

Mengklaim peringkat ketiga untuk kepatuhan adalah anjing Gembala Jerman atau German Shepherd juga merupakan salah satu ras anjing yang paling cerdas.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Anak Anjing Tak Berhenti Menggonggong

4. Golden Retriever

Golden Retriever adalah ras anjing keempat yang paling patuh kepada pemiliknya. Kombinasikan itu dengan sifat baik mereka yang menyenangkan dan Anda memiliki hewan peliharaan keluarga yang hebat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com