Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Patung Kucing Keberuntungan Feng Shui, Simbol Kekayaan

Kompas.com - Diperbarui 16/01/2023, 21:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah filosofi kuno yang berasal dari Tiongkok. Namun, di era modern, penerapan feng shui yang baik menggabungkan konsep klasik dengan konsep modern.

Salah satunya adalah patung kucing keberuntungan atau manekineko. Patung kucing keberuntungan ini sebetulnya berasal dari Jepang, yang melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan kekayaan.

Dilansir The Spruce, idealnya, tujuan penerapan feng shui adalah untuk menyambut dan mempertahankan aliran energi yang baik melalui rumah atau ruang kerja untuk memengaruhi aspek positif dalam hidup.

Baca juga: 8 Tanaman Imlek yang Membawa Keberuntungan dan Kekayaan di Rumah

Feng shui paling baik diterapkan jika dimasukkan ke dalam desain rumah, tata letak furnitur, dan fitur dengan pemikiran cermat.

Ilustrasi patung kucing keberuntungan atau Maneki Neko dalam feng shui.PIXABAY/TANIA VAN DEN BERGHEN Ilustrasi patung kucing keberuntungan atau Maneki Neko dalam feng shui.

Simbol kemakmuran dan kekayaan

Penggunaan patung kucing keberuntungan dalam feng shui dapat dibandingkan dengan penggunaan patung Ganesha dalam budaya India. Kedua simbol tersebut berasal dari budaya luar China.

Kucing keberuntungan disebut maneki neko dalam bahasa Jepang. Adapun Ganesha adalah dewa berkepala gajah yang melambangkan kesuksesan, kebijaksanaan, dan keberuntungan.

Dalam feng shui, para praktisi dan penggemarnya akan menggunakan patung kucing keberuntungan atau gajah belalai ke atas untuk keberuntungan dan kemakmuran.

Baca juga: 7 Aturan Memasang Cermin untuk Keberuntungan dan Kekayaan

Seperti semua penerapan feng shui, Anda harus mengidentifikasi dengan barang yang menghiasi rumah. Gunakan kucing keberuntungan di rumah Anda karena Anda menyukai energinya, dan bukan karena diberitahu bahwa itu baik untuk feng shui.

Halaman:
Sumber The Spruce


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com