Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 19/04/2023, 16:26 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Rover

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti kita tahu, serigala adalah nenek moyang dari setiap jenis anjing, mulai dari pudel hingga Great Dane.

Terlepas dari kecantikan dan status legendaris mereka, serigala tidak boleh menjadi hewan peliharaan. Mereka adalah hewan liar yang juga harus hidup di alam yang liar.

Untuk kamu yang ingin memelihara serigala, ada beberapa ras anjing yang memiliki wajah seperti serigala.  Berikut adalah lima ras anjing yang mirip serigala, dilansir Rover.

Baca juga: 10 Ras Anjing Bertubuh Besar yang Mudah Dilatih

Ilustrasi ras anjing Czechoslovakian Vlcak.SHUTTERSTOCK/JOACHIM BARTOLL Ilustrasi ras anjing Czechoslovakian Vlcak.

1. Czechoslovakian Vlcak

Penampilan seperti serigala dari Czechoslovakian Vlcak, atau CSV, bukanlah suatu kebetulan. Jenis ini dimulai dengan percobaan persilangan antara anjing gembala Jerman dengan serigala Carpathian selama tahun 1950-an.

Hal ini dilakukan untuk menggabungkan kualitas terbaik serigala dengan karakteristik anjing domestik, eksperimen ini akhirnya memberi kita anjing serigala Cekoslowakia atau Czechoslovakian Vlcak.

Pada awalnya, CSV populer digunakan sebagai anjing patroli perbatasan, tetapi sifatnya yang cerdas dan mandiri telah menjadikan mereka kandidat yang sangat baik untuk melakukan tugas yang lain. Mereka menemukan kegembiraan dalam segala hal mulai dari menggembala hingga pencarian dan penyelamatan.

Tubuhnya yang bongsor dan energi anjing yang tak ada habisnya membuat anjing jenis ini menjadi tantangan untuk dilatih. Karena itu, untuk CSV harus dipelihara oleh pemilik yang berpengalaman dan membutuhkan banyak stimulasi.

Baca juga: Untuk Pemilik, Inilah 5 Emosi Anjing yang Sebaiknya Dipahami

2. Shikoku

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com