Kompas.com - 26/08/2021, 20:40 WIB
Ilustrasi tanaman geranium. SHUTTERSTOCK/AnikonaAnnIlustrasi tanaman geranium.

JAKARTA, KOMPAS.com--Kehadiran nyamuk di rumah tentu membuatmu kesal. Selain menimbulkan gatal, nyamuk juga bisa membawa penyakit mematikan bagi anggota keluarga.

Sebenarnya kamu bisa saja membasmi nyamuk dengan semprotan serangga yang dijual bebas di pasaran. Sayangnya, pembasmi nyamuk itu seringkali mengandung cairan kimia berbahaya terutama bagi kamu yang memiliki anak dan hewan peliharaan.

Untuk kamu yang mencari cara alami untuk mengusir serangga menyebalkan ini, kamu bisa mencoba menanam tanaman yang dipercaya ampuh mengusir nyamuk

Berikut adalah sembilan tanaman yang bisa mengusir nyamuk dari rumah seperti dilansir dari Country Living, Kamis (26/8/2021).

Baca juga: Pilihan Tanaman yang Cocok untuk Teras Rumah

1. Citronella geranium

Tidak semua geranium akan mengusir nyamuk, tetapi jenis khusus citronella geranium yang juga dikenal sebagai Pelargonium citrosum, bisa membuat nyamuk enggan mendekat.

Tanaman ini menghasilkan dan berbau seperti minyak serai yang tidak disukai oleh serangga.

2. Floss flower

Tanaman floss flower yang dipercaya bisa mengusir nyamuk.PINTEREST.com/PINTEREST Tanaman floss flower yang dipercaya bisa mengusir nyamuk.

Meskipun mereka bukan penolak nyamuk yang paling kuat, keindahan bunga ungu ini (Ageratum houstounianum) menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk.

Namun kupu-kupu dan burung kolibri, menyukai aroma harum yang dikeluarkan oleh bunga ini.

3. Serai

Tanaman ini awalnya digunakan sebagai parfum, minyak esensial dan ekstrak dari tanaman yang juga disebut sebagai Cintronella ini sangat efektif dalam mengusir nyamuk sehingga sekarang menjadi bahan utama untuk banyak pembasmi serangga komersial.

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Kecoak di Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.